Tautan-tautan Akses

NBC Batalkan Proyek Bill Cosby Akibat Dugaan Serangan Seksual


Aktor dan veteran Angkatan Laut Bill Cosby dalam upacara Hari Veteran di Philadelphia (11/11). (AP/Matt Rourke)

Aktor dan veteran Angkatan Laut Bill Cosby dalam upacara Hari Veteran di Philadelphia (11/11). (AP/Matt Rourke)

Langkah itu mengikuti penundaan dari Netflix atas acara komedi spesial yang menampilkan aktor dan penghibur tersebut.

Stasiun televisi NBC mengatakan Rabu (19/11) telah membatalkan proyek mendatang dengan komedian veteran Bill Cosby, acara keduanya yang ditarik menyusul munculnya tuduhan-tuduhan dalam beberapa minggu terakhir ini bahwa ia telah melakukan serangan seksual terhadap sejumlah perempuan.

Langkah NBC muncul sehari setelah perusahaan penyiaran Internet Netflix Inc mengatakan telah menunda acara komedi khusus Cosby "Bill Cosby 77" yang tadinya akan diluncurkan 28 November.

Namun Cosby sendiri tampak tidak siap mundur dari penampilan publik. Acaranya, dengan tiket yang telah terjual habis, di Florida Jumat akan berlangsung sesuai jadwal.

NBC mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa "proyek Cosby tidak lagi dalam pengembangan," dan menolak untuk menerangkan lebih lanjut. Proyek itu masih dalam tahap-tahap awal, belum memiliki naskah dan tanggal produksi.

Perwakilan Cosby tidak dapat dimintai komentarnya.

Dugaan-dugaan bahwa Cosby, 77, memberi obat dan menyerang beberapa perempuan muda berpuluh tahun lalu mendapat perhatian baru setelah komedian Hannibal Buress memanggilnya pemerkosa dalam acara komedi bulan lalu.

Minggu lalu, Cosby mendapat tanggapan buruk di Twitter setelah meminta para pengikutnya untuk menciptakan "meme" atau parodi tentangnya, dan dibanjiri meme berisi dugaan pemerkosaan.

Cosby tidak pernah mendapat tuduhan resmi atas dugaan kejahatan tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan National Public Radio minggu lalu, komedian yang telah menikah dengan istrinya, Camille, selama 50 tahun itu, menolak menjawab pertanyaan terkait dugaan serangan seksual tersebut.

Cosby paling dikenal atas perannya sebagai Cliff Huxtable, ayah yang dicintai dari serial komedi keluarga berkulit hitam di NBC, ``The Cosby Show,'' program nomor satu dari 1984 sampai 1992.

Salah satu perempuan yang menuduh Cosby adalah Barbara Bowman, yang mengaku diserang secara seksual berulang kali pada 1985 ketika ia berusia 17 tahun. Ia tidak melapor pada polisi karena takut tidak dipercaya.

Model Janice Dickinson mengatakan dalam wawancara dengan "Entertainment Tonight" Selasa bahwa ia yakin Cosby menyerangnya pada 1982.

XS
SM
MD
LG