Tautan-tautan Akses

Nawaz Sharif Peringatkan AS soal Serangan Pesawat Tak Berawak di Pakistan


Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif memperingatkan bahwa AS harus menanggapi serius keprihatinan Islamabad mengenai serangan pesawat tak berawak, Senin (13/5).

Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif memperingatkan bahwa AS harus menanggapi serius keprihatinan Islamabad mengenai serangan pesawat tak berawak, Senin (13/5).

Nawaz Sharif yang hampir dapat dipastikan akan menjadi PM Pakistan untuk ketiga kalinya mengatakan bahwa ia ingin mempertahankan hubungan dengan AS.

Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif yang partainya hampir dapat dipastikan menang dalam pemilu mengatakan bahwa ia ingin mempertahankan hubungan dengan Amerika Serikat, tetapi memperingatkan bahwa Washington harus menanggapi serius keprihatinan Islamabad mengenai serangan pesawat tak berawak.

Nawaz Sharif berbicara kepada wartawan di Lahore hari Senin, dua hari setelah partainya, Liga Muslim Pakistan, memenangkan cukup suara dalam parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Sharif menegaskan bahwa hubungan Islamabad dengan Washington baik, namun ia menyebut penggunaan pesawat tak berawak Amerika di Pakistan barat laut sebagai tantangan terhadap kedaulatan Pakistan.

Sharif yang memimpin Pakistan selama dua masa jabatan pada tahun 1990an, sejak lama mengecam serangan pesawat tak berawal Amerika yang sangat tidak disukai di Pakistan.

Program pesawat tak berawak Amerika menarget tersangka militan di perbatasan dengan Afghanistan, kabarnya dengan bantuan pemerintah Pakistan. Sharif juga mengatakan pemerintahnya akan mendukung penarikan tentara Amerika dari Afghanistan akhir tahun depan.
XS
SM
MD
LG