Tautan-tautan Akses

NATO Adakan Dialog dengan Pakistan dan Afghanistan


Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen dalam jumpa pers di Brussels (11/5).

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen dalam jumpa pers di Brussels (11/5).

Panglima NATO di Afghanistan bertemu dengan pemimpin angkatan bersenjata Pakistan dan Afghanistan di Islamabad, Minggu (13/5).

Pertemuan Komisi Afghanistan, Pakistan dan ISAF itu diadakan bersamaan dengan persiapan dialog antara pemimpin sipil dan militer Pakistan. Dialog tersebut menurut rencana akan diselenggarakan hari Selasa, terkait rencana diakhirinya blokade rute logistik NATO ke Afghanistan.

Blokade rute logistik NATO oleh Pakistan sudah berlangsung hampir enam bulan, menyusul serangan udara NATO bulan November lalu yang secara keliru telah menewaskan 24 tentara Pakistan.

Pertemuan tersebut, yang pertama dalam hampir setahun adalah komponen kunci dialog masyarakat internasional di Afghanistan dan telah memberi kesempatan untuk pembicaraan mengenai masalah yang penting bagi taktik, operasi dan strategi.

Panglima ISAF Jenderal Amerika John Allen, mengatakan ia sangat gembira oleh pembicaraan dengan Jenderal Pakistan Ashfaq Parvez Kayani dan jenderal Afghanistan Sher Muhammad Karimi.

Jenderal Allen mengatakan ada persamaan pendapat dalam pertemuan itu. Yang terpenting adalah untuk terus mencapai kemajuan menuju sasaran bersama, yaitu Afghanistan yang damai, stabil, dan makmur agar negara itu tidak lagi dapat menjadi sarang teroris.
XS
SM
MD
LG