Tautan-tautan Akses

Montenegro Diundang untuk Bergabung dengan NATO


Sekjen NATO Jens Stoltenberg (kanan) dan Menlu Montenegro Igor Luksic memberikan keterangan pers bersama di markas besar NATO di Brussels, Rabu (2/12).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg (kanan) dan Menlu Montenegro Igor Luksic memberikan keterangan pers bersama di markas besar NATO di Brussels, Rabu (2/12).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyampaikan undangan terhadap Montenegro itu hari Rabu (2/12) dalam pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussels, Belgia.

NATO telah secara resmi mengundang Montenegro – negara kecil di pesisir Laut Adriatik – untuk bergabung dengan aliansi itu, perluasan keanggotaan yang pertama kali dilakukan sejak tahun 2009.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyampaikan pengumuman itu hari Rabu (2/12) dalam pertemuan para menteri luar negeri NATO, dengan mengatakan undangan itu merupakan “pencapaian bersejarah” bagi negara yang sebelumnya merupakan bagian dari Yugoslavia itu.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuannya di Brussels, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyambut baik undangan itu.

Meskipun telah melakukan sejumlah reformasi untuk memenuhi persyaratan NATO, sebelum benar-benar bisa bergabung secara resmi Montenegro masih memiliki beberapa kewajiban terutama serangkaian pembicaraan dengan pejabat-pejabat NATO.

Wakil Perdana Menteri Montenegro Igor Luksic yang hadir dalam pertemuan di Brussels hari Rabu menyebut undangan itu sebagai “kehormatan besar” dan “terobosan bersejarah” sejak Montenegro menjadi negara merdeka sembilan tahun lalu.

Luksic mengatakan negara yang hanya berpenduduk 650 ribu jiwa itu masih harus melakukan reformasi dan berjanji akan terus memberantas korupsi dan kejahatan terorganisir, sambil membangun dukungan publik yang lebih kuat untuk menjadi anggota NATO. Ditambahkannya prestasi Montenegro merupakan kabar gembira bagi negara-negara Balkan lain karena “ini berarti adanya dukungan yang kuat bagi keamanan dan stabilitas di seluruh kawasan itu”. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG