Tautan-tautan Akses

NATO: Tersangka Penyelundup Senjata Afghanistan Bukan Warga Iran


NATO menuduh Iran memberikan dukungan bagi militan Taliban di Afghanistan.

NATO menuduh Iran memberikan dukungan bagi militan Taliban di Afghanistan.

NATO mengakui bahwa laporan intelijen awal yang mengatakan tersangka sebagai anggota Garda Revolusi Iran tidak akurat.

NATO mengatakan, tersangka penyelundup senjata yang ditangkap di Afghanistan bukan anggota Garda Revolusi Iran seperti dilaporkan semula.

Pasukan internasional ISAF yang dipimpin NATO hari Jumat mengatakan, laporan intelijen awal itu tidak akurat, dan orang tadi bukan anggota pasukan khusus al-Quds Iran.

Pernyataan ISAF mengatakan, orang itu mungkin terafiliasi dengan beberapa organisasi terkait pemberontak Afghanistan. Lelaki itu ditangkap hari Sabtu di provinsi Kandahar, di mana pasukan koalisi memimpin operasi militer terhadap militan Taliban. Orang tersebut digambarkan sebagai “fasilitator penting Taliban” yang membantu menyelundupkan senjata dari Iran ke Afghanistan.

Para pejabat militer Amerika menuduh Iran mendukung langsung militan Taliban dengan peralatan dan pelatihan sementara memberikan dukungan finansial kepada pemerintah Afghanistan.

Iran mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Afghanistan adalah untuk tujuan kemanusiaan dan pembangunan. Teheran menentang kehadiran tentara asing di Afghanistan.

XS
SM
MD
LG