Tautan-tautan Akses

NATO: Tak Ada Bukti Klaim Perlakuan Buruk Atas Warga Afghanistan


Juru bicara NATO Brigjen Gunter Katz mengatakan pasukan bantuan keamanan internasional (ISAF) akan bekerja sama dengan pemerintah Afghanistan. (Foto: Dok)

Juru bicara NATO Brigjen Gunter Katz mengatakan pasukan bantuan keamanan internasional (ISAF) akan bekerja sama dengan pemerintah Afghanistan. (Foto: Dok)

NATO mengatakan belum ada bukti adanya perlakuan buruk oleh pasukan khusus Amerika di Afghanistan seperti yang dituduhkan pemerintah negara itu.

Koalisi pimpinan NATO di Afghanistan mengatakan sejauh ini tidak menemukan bukti yang mendukung tuduhan adanya perlakuan buruk oleh pasukan khusus Amerika di provinsi strategis yang berbatasan dengan ibukota, Kabul.

Brigjen Gunter Katz dari Jerman, Senin (25/2), mengatakan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional akan bekerjasama dengan pemerintah untuk menanggapi keprihatinan Afghanistan itu, tetapi belum bisa mengomentari tuduhan bahwa warga Afghanistan yang bekerja untuk pasukan Operasi Khusus Amerika telah menyiksa dan membunuh penduduk desa di wilayah itu.

Dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, Minggu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai memerintahkan keluarnya seluruh pasukan khusus Amerika dari provinsi Wardak sebagai reaksi atas tuduhan bahwa mereka atau sekutu mereka, pasukan rahasia Afghanistan, telah melanggar hak-hak warga sipil.

Kantor Karzai mengatakan investigasi pemerintah mengenai insiden keamanan di Wardak mendapati kawanan laki-laki bersenjata yang diduga berhubungan dengan pasukan khusus Amerika terlibat dalam "menakut-nakuti, mengganggu, menyiksa dan bahkan membunuh orang-orang yang tidak bersalah."

Dikatakan, Kementerian Pertahanan Afghanistan telah diperintahkan untuk memastikan semua pasukan khusus Amerika keluar dari provinsi itu dalam dua minggu.

Perintah Karzai itu adalah yang pertama yang dikeluarkan terhadap pasukan Amerika, yang telah membantu Afghanistan memerangi pemberontakan Islamis oleh militan Taliban yang telah berlangsung lebih dari satu dekade.
XS
SM
MD
LG