Tautan-tautan Akses

NATO Siap Bantu Pembicaraan Kabul dengan Taliban


Sekjen NATO, Anders Fogh Rasmussen.
Sekjen NATO, Anders Fogh Rasmussen.

Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan aliansi itu siap membantu upaya rekonsiliasi di Afghanistan.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan aliansi itu siap membantu upaya pemerintah Afghanistan untuk mengusahakan pembicaraan dengan Taliban.

Rasmussen memeberitahu para wartawan di Brussels hari kamis pasukan pimpinan NATO di Afghanistan bersedia memberikan “bantuan praktis” bagi upaya-upaya rekonsiliasi. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, tapi kepala NATO itu mengatakan akan meneruskan tekanan militer terhadap Taliban.

Komentar itu disampaikan setelah seorang pejabat NATO hari Rabu mengatakan aliansi itu telah membantu memberikan jalan bagi para komandan Taliban menuju Kabul, dan perjalanan demikian akan sangat sulit dilakukan tanpa persetujuan NATO.

Baik Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates maupun Menteri Luar Negeri Hillary Clinton hari Kamis mengatakan di Brussels mereka akan mendukung upaya rekonsiliasi di Afghanistan, tapi mereka mengakui proses itu “rumit” dan kemungkinan tidak berhasil.

Di Kabul, seorang penasihat senior Presiden Afghanistan Hamid Karzai hari Kamis mendesak NATO agar mendukung proses perdamaian itu. Mohammad Masoom Stanekzai minta pasukan NATO untuk menghentikan operasi militer di wilayah-wilayah di mana militan bersedia memulai pembicaraan.

XS
SM
MD
LG