Tautan-tautan Akses

Menlu AS: NATO Perlu Antisipasi Senjata Kimia Suriah


Menlu John Kerry mengatakan NATO perlu rencana untuk menanggapi kemungkinan penggunaan senjata kimia.di Suriah (23/4).

Menlu John Kerry mengatakan NATO perlu rencana untuk menanggapi kemungkinan penggunaan senjata kimia.di Suriah (23/4).

Menlu John Kerry mengatakan NATO perlu rencana untuk menanggapi setiap kemungkinan penggunaan senjata kimia.dalam konflik di Suriah.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan NATO perlu mempertimbangkan perannya dalam konflik di Suriah, termasuk caranya menanggapi setiap kemungkinan penggunaan senjata kimia.

Diplomat tertinggi Amerika itu berkata demikian hari Selasa dalam pertemuan para menteri luar negeri NATO di Brussels.

Sekretaris-Jendral NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan aliansi itu sangat prihatin mengenai penggunaan misil balistik di Suriah dan kemungkinan penggunaan senjata kimia.

Selasa pagi, seorang analis intelijen militer Israel Brigjen Itai Brun mengatakan Israel memiliki bukti pasukan Suriah telah beberapa kali menggunakan senjata kimia mematikan terhadap pemberontak dalam beberapa bulan ini. Ia mengatakan gas syaraf kemungkinan termasuk diantara jenis senjata yang digunakan.

Kerry mengatakan ia berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenai tuduhan analis itu, tetapi bahwa Netanyahu tidak bisa mengkonfirmasinya. Kerry juga mengatakan setiap tuduhan harus diselidiki secara menyeluruh.

Suriah menolak permintaan Sekretaris-Jendral PBB Ban Ki-moon agar mengijinkan tim inspektur masuk ke negara itu guna menyelidiki tuduhan bahwa Suriah menggunakan senjata kimia.

Pemerintah Suriah dan pemberontak yang menentang Presiden Bashar al-Assad saling menuduh mengenai penggunaan senjata kimia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG