Tautan-tautan Akses

NATO: Pakistan Perlu Berbuat Lebih Banyak Tumpas Militan


Utusan khusus AS Marc Grossman akan meminta Pakistan menghentikan serangan lintas-perbatasan militan ke Afghanistan.

Utusan khusus AS Marc Grossman akan meminta Pakistan menghentikan serangan lintas-perbatasan militan ke Afghanistan.

Menurut NATO, Pakistan perlu menyelaraskan dirinya dengan misi NATO dengan menghambat kemampuan militan berkumpul kembali di wilayahnya.

Pasukan yang dipimpin NATO di Afghanistan mengecam Pakistan atas kegagalan mengekang kelompok-kelompok teroris dan militan yang berbasis di Pakistan tetapi beroperasi di negara tetangganya Afghanistan.

Seorang jurubicara Pasukan Bantuan Keamanan Internasional Brigadir Jenderal Carsten Jacobsen, mengatakan hari Senin bahwa walaupun Islamabad telah berbuat banyak melawan kelompok-kelompok tersebut dan tidak sedikit menanggung korban jiwa, tidak diragukan lagi bahwa Pakistan perlu berbuat lebih banyak.

Jacobsen mengatakan Pakistan perlu menyelaraskan dirinya dengan misi NATO dengan menghambat kemampuan militan berkumpul kembali di wilayahnya.

Sementara itu, Washington tampaknya memperlunak sikapnya dalam beberapa minggu ini dengan bersikap lebih ramah mengenai kerjasama Amerika-Pakistan dalam perang melawan terorisme.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan Marc Grossman, yang akan tiba di Islamabad pekan ini, mengatakan pembicaraan antara kedua pihak sekarang dipusatkan pada pembahasan kepentingan bersama, lalu mengambil tindakan bersama.

Tetapi, ia juga mengatakan Washington akan terus meminta Pakistan agar menghentikan tempat persembunyian yang memungkinkan militan melakukan serangan lintas-perbatasan ke Afghanistan.

XS
SM
MD
LG