Tautan-tautan Akses

NATO Kerahkan Pesawat Pengintai untuk Ukraina


Simbol NATO di markas besarnya di Brussels (2/3). (AP/Virginia Mayo)

Simbol NATO di markas besarnya di Brussels (2/3). (AP/Virginia Mayo)

Persekutuan militer Barat itu mengatakan keputusan untuk mengirim pesawat pengintai AWACS diambil Senin (10/3), dengan persetujuan ke-28 negara anggotanya.

NATO mengatakan pihaknya akan mengerahkan pesawat pengintai ke sepanjang perbatasan negara-negara anggota Polandia dan Rumania, untuk memantau krisis di Ukraina.

Persekutuan militer Barat itu mengatakan keputusan untuk mengirim pesawat pengintai AWACS diambil Senin (10/3), dengan persetujuan ke-28 negara anggotanya. NATO mengatakan pengerahan itu bertujuan untuk “memperkuat kesadaran keadaan persekutuan itu.”

Pekan lalu, NATO mengatakan pihaknya akan meluncurkan peninjauan kembali semua kerjasama militer dengan Rusia, sebagai tanggapan atas apa yang digambarkan para saksi sebagai penerobosan besar-besaran militer Rusia ke semenanjung Krimea, Ukraina.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel juga mengumumkan pengerahan baru pesawat tempur Amerika untuk meronda Estonia, Lithuania dan Latvia – ketiga negara Baltik anggota NATO yang berbatasan dengan Rusia.

Di samping itu, sebuah kapal perusakAngkatan Laut Amerika yang dilengkapi dengan peluru kendali akan memulai latihan di Laut Hitam bersama kapal perang Rumania dan Bulgaria dalam beberapa hari mendatang.
XS
SM
MD
LG