Tautan-tautan Akses

NATO: Afghanistan Selatan Bebas dari Taliban Akhir November


Sekjen NATO menegaskan bahwa pasukan koalisi dapat memulai penyerahan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan tahun depan.

Panglima NATO mengatakan kota Kandahar di Afghanistan selatan kemungkinan akan bebas pemberontak Taliban sebelum akhir November.

Mayor Jenderal Inggris Nick Carter mengatakan hari Selasa lebih dari 10 ribu pasukan Afghanistan dan 5 ribu polisi Afghanistan, dengan dukungan 15 ribu pasukan koalisi, akan memburu hampir 1.000 militan di Kandahar dan sekitarnya dalam waktu dekat.

Carter mengatakan usaha itu akan memusatkan perhatian pada daerah-daerah sekitar jalan penting dimana Taliban telah beroperasi dengan agak bebas. Kandahar dianggap tempat kelahiran Taliban.

Panglima dari Inggris itu mengatakan hari Selasa, keberhasilan operasi tersebut bergantung pada keamanan dan kemampuan memerintah jangka panjang pemerintah Afghanistan. Juga hari Selasa, Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen, menegaskan kembali pasukan koalisi akan dapat memulai penyerahan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan tahun depan.

XS
SM
MD
LG