Tautan-tautan Akses

Nasionalis Unggul Dalam Pemilu Catalonia, Spanyol


Suasana pemilu di Spanyol. (Foto: AFP)

Suasana pemilu di Spanyol. (Foto: AFP)

Hasil awal pemilu parlemen lokal di Catalonia menunjukkan mayoritas kursi parlemen lokal direbut partai-partai nasionalis.

Hasil-hasil resmi pemilu parlemen lokal di Catalonia, di timur laut Spanyol, menunjukkan, mayoritas kursi parlemen lokal direbut partai-partai nasionalis yang mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol.

Hasil awal dari pemilu Minggu (25/11) menunjukkan, aliansi nasional presiden Catalonia yang berkuasa, yang juga kandidat pro-pemisahan diri, Artur Mas, gagal meraih mayoritas dengan hanya merebut 50 dari 135 kursi parlemen, turun dari jumlah yang sekarang, yakni 62. Partai separatis, Republikan Kiri, atau ERC, menambah jumlah kursinya lebih dari dua kali lipat menjadi 21.

Kedua partai telah berjanji akan menyelenggarakan referendum mengenai apakah warga Catalonia ingin memisahkan diri dari Spanyol, sebuah langkah yang menurut pemerintah pusat tidak konstitusional.

Partai Sosialis, yang tidak mendukung pemisahan diri, kehilangan delapan kursi, menurun dari dari 28 menjadi 20 kursi.

Dalam penampilannya dari Barcelona setelah pemilu itu, Mas berterimakasih kepada aliansinya atas dukungannya, namun mengakui bahwa kini aliansi itu harus berbagi tanggungjawab dalam memerintah.

Pemerintah Mas menyebut hasil pemilu itu sebagai bagian dari perebutan kekuasaan dengan pemerintah pusat yang dipimpin Perdana Menteri Mariano Rajoy.
XS
SM
MD
LG