Tautan-tautan Akses

NASA Rilis Foto-Foto Terbaru dan Paling Tajam Planet Pluto


Gambar beresolusi tinggi yang diambil dari pesawat antarika NASA New Horizon menunjukkan erosi di permukaan Pluto (4/12).

Gambar beresolusi tinggi yang diambil dari pesawat antarika NASA New Horizon menunjukkan erosi di permukaan Pluto (4/12).

Badan Antariksa Amerika (NASA) telah merilis beberapa foto tajam Pluto, dan menggambarkannya sebagai foto close-up terbaik dalam puluhan tahun planet tersebut.

Pesawat antariksa New Horizons NASA memotret Pluto pada waktu terbang mendekatinya bulan Juli dan terus memancarkan data yang disimpan dalam perekam digitalnya.

Gambar terbaru, yang dirilis hari Jumat, dengan jelas menunjukkan berbagai permukaan es dan pegunungan berkawah, kata NASA dalam pernyataan.

“Gambar-gambar baru ini memberi kita pemandangan geologi Pluto yang menakjubkan dan beresolusi super-tinggi,” kata Penyelidik Utama New Horizons, Alan Stern.

SAKSIKAN: Gambar Pluto dilihat dari pesawat antariksa NASA yang terbang pada bulan Juli 2015

“Tidak ada foto Mars dan Venus bermutu seperti ini sampai puluhan tahun setelah penerbangan pertama mendekati masing-masing planet itu; namun untuk foto-foto Pluto kita sudah mencapainya – kita bias melihat kawah-kawah, pegunungan dan dataran es – kurang dari lima bulan setelah penerbangan mendekati Pluto,” kata Stern menambahkan. Ilmu yang dapat kita gali dari foto-foto ini sangat luar biasa.”

Gambar-gambar itu dipotret dengan Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) dalam pesawat New Horizons yang sebesar piano itu, kira-kira 15 menit sebelum pendekatan pesawat antariksa itu mencapai jarak terdekat ke Pluto -- dari jarak 17 ribu kilometer.

Para ilmuwan missi memperkirakan masih ada lagi foto-foto dari perangkat terbaru dalam beberapa hari mendatang, yang menunjukkan lebih banyak dataran lagi dengan resolusi paling tinggi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG