Tautan-tautan Akses

NASA Jajaki Penggunaan Sinar Laser untuk Gerakkan Benda dari Jauh


Data dari Chandra X-Ray Observatory yang dirilis NASA tahun lalu. Saat ini NASA sedang mengembangkan teknologi laser untuk menggerakkan benda-benda di antariksa.

Data dari Chandra X-Ray Observatory yang dirilis NASA tahun lalu. Saat ini NASA sedang mengembangkan teknologi laser untuk menggerakkan benda-benda di antariksa.

Pemindahan benda dari jauh dengan laser, yang selama ini hanya ada dalam kisah fiksi ilmiah, bisa jadi tak lagi mustahil.

Para pakar teknologi NASA mengawali eksperimen untuk mengubah khayalan menjadi fakta dengan mengembangkan tractor beam. Alat ini hanya mempergunakan sinar laser untuk menangkap dan menggerakkan benda di antariksa.

Dalam berbagai kisah sci-fi, seperti dalam seri acara televisi “Star Trek,” sinar tractor digunakan untuk menangkap pesawat antariksa dan benda besar lain yang sedang melintas di antariksa. Tetapi, badan antariksa NASA mengatakan mereka berharap untuk mengembangkan sinar tractor yang mengumpul partikel kecil di antariksa dan mengantarnya ke satelit atau pesawat lain untuk dianalisa.

Tim pakar laser yang mengerjakan proyek ini mengibaratkan pendekatan mereka sebagai penggunaan mesin penyedot untuk mengambil kotoran dan debu, dan memasukkannya ke dalam kantongan.

NASA mengatakan para pakar sedang menjajaki teknologi ini di samping tiga kemungkinan teknik lain untuk mengembangkan alat yang dapat mengumpulkan dan mengangkut partikel, molekul, virus dan sel yang berfungsi sepenuhnya. Para peneliti memperkirakan bahwa sistem optik sinar tractor ini kemungkinan besar berbiaya lebih rendah, dan akan memungkinkan pengumpulan sampel dari jauh dan terus-menerus dengan risiko yang lebih rendah.

Semula, NASA menghendaki sinar tractor untuk membersihkan sampah di antariksa, tetapi para pakar laser mengatakan bahwa memindahkan sesuatu yang demikian besar hampir tidak mungkin, setidaknya untuk sekarang ini.

XS
SM
MD
LG