Tautan-tautan Akses

NASA Izinkan Pesawat Ulang-Alik Endeavour Kembali ke Bumi


Paus Benediktus XVI saat berbicara dengan para astronot Endeavour dari kantornya di Vatikan (21/5).

Paus Benediktus XVI saat berbicara dengan para astronot Endeavour dari kantornya di Vatikan (21/5).

NASA mengatakan kerusakan di bagian bawah pesawat yang terjadi saat peluncuran tidak menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan.

Badan Antarika Amerika NASA telah mengizinkan pesawat ulang-alik Endeavour untuk kembali ke bumi, setelah meninjau kerusakan ketika peluncuran pesawat ke antariksa.

NASA mengatakan kerusakan di bagian bawah pesawat itu tidak menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan. Endeavour dijadwalkan kembali ke bumi tanggal 1 Juni.

NASA memberi izin kembali ke bumi setelah menganalisa data dan gambar dari pemeriksaan robot dari lempengan pelapis pesawat itu menyusul peluncuran hari Senin. Inspeksi itu mendeteksi cungkilan kira-kira sebesar delapan sentimeter kali enam sentimeter di bagian bawah pesawat itu.

Sementara itu hari Sabtu, Paus Benediktus berbicara dengan sejumlah astronot melalui telepon video pertama Vatikan ke Stasiun Antariksa Internasional.

Pemimpin Gereja Katolik Roma mengatakan awak stasiun ruang angkasa dan pesawat ulang-alik adalah "ujung tombak" eksplorasi ruang antariksa yang baru dan kemungkinan-kemungkinan lain. Berbicara dari perpustakaan Vatikan, Paus mengatakan ini adalah saatnya bagi kemajuan ilmiah terdepan, dan ia mengatakan kepada astronot-astronot bahwa ia mengagumi keberanian dan komitmen mereka.

XS
SM
MD
LG