Tautan-tautan Akses

AS

NASA Izinkan Ilmuwan China Hadiri Konferensi di AS


NASA mencabut larangan kontroversial mengenai keikutsertaan ilmuwan China dalam konferensi ilmiah (foto: ilustrasi).

NASA mencabut larangan kontroversial mengenai keikutsertaan ilmuwan China dalam konferensi ilmiah (foto: ilustrasi).

NASA mencabut larangan kontroversial mengenai keikutsertaan ilmuwan China dalam konferensi ilmiah di negara bagian California, AS bulan depan.

Badan antariksa Amerika (NASA) menyatakan telah mencabut larangan kontroversial mengenai keikutsertaan ilmuwan China dalam sebuah konferensi ilmiah di negara bagian California, AS bulan depan.

Dalam email yang dikirim ke VOA hari Senin (21/10), NASA menyatakan para ilmuwan asal China yang semula dilarang mendaftar untuk mengikuti Konferensi Ilmiah Kepler di Pusat Riset NASA di Ames bulan depan, kini dapat mendaftar.

NASA menyatakan keputusan awalnya untuk melarang keikutsertaan ilmuwan China itu disayangkan dan didasarkan pada kekeliruan menafsirkan kebijakan pemerintah.

Awal bulan ini, sekelompok ilmuwan yang menyelenggarakan konferensi tersebut mengatakan mereka menolak dengan enggan registrasi enam warganegara China karena moratorium NASA.

Menurut penyelenggara, NASA melarang kunjungan warganegara China dan beberapa warga negara lainnya ke fasilitas-fasilitas NASA pada Maret lalu, sewaktu larangan baru Amerika itu mulai berlaku. Peraturan itu membatasi akses warga asing ke fasilitas-fasilitas NASA terkait masalah keamanan nasional.
XS
SM
MD
LG