Tautan-tautan Akses

NASA: Bumi Bisa Alami Perubahan Iklim yang Membahayakan


Tingkat pemanasan global membahayakan jika mencapai "batas aman" yang diakui internasional sebesar 2 derajat Celcius (foto: ilustrasi).

Tingkat pemanasan global membahayakan jika mencapai "batas aman" yang diakui internasional sebesar 2 derajat Celcius (foto: ilustrasi).

NASA mengatakan ini bisa terjadi jika tingkat pemanasan suhu global Bumi mencapai 'batas aman' yaitu 2 derajat Celcius.

Sebuah studi baru yang dilakukan Badan Antariksa Amerika (NASA) memperingatkan bahwa bumi abad ini bisa mengalami perubahan iklim yang cepat dan membahayakan jika tingkat pemanasan global yang diakibatkan perbuatan manusia mencapai apa yang diakui secara internasional sebagai "batas aman" yaitu 2 derajat Celcius.

Para periset NASA memeriksa kondisi iklim prasejarah selama periode interglasial terakhir - waktu antara zaman es - dan membandingkannya dengan periode interglasial yang dialami sekarang ini.

Periode interglasial terakhir berakhir sekitar 115.000 tahun lalu ketika suhu 1 derajat Celcius lebih rendah dari sekarang ini, dan ketinggian laut 6 meter lebih tinggi.

Para ilmuwan mengatakan dengan melihat bagaimana iklim prasejarah menanggapi perubahan alam memberi mereka pengetahuan lebih jauh dalam menentukan tingkat pemanasan global akibat perbuatan manusia bagi dunia sekarang ini.

Pemimpin studi NASA James Hansen mengatakan temuan itu menunjukkan bahwa iklim bumi lebih sensitif daripada yang diperkirakan sebelumnya baru-baru ini. Dia menyebut gagasan untuk membatasi pemanasan global buatan manusia menjadi 2 derajat Celsius lebih tinggi di atas tingkat pra-industri sebagai "bencana."

XS
SM
MD
LG