Tautan-tautan Akses

Narciso Rodriguez Dinobatkan sebagai Tokoh Penting Bidang Desain


Gaun hitam merah rancangan Narciso Rodriguez yang dikenakan oleh Michelle Obama pada malam pemilihan tahun 2008.

Gaun hitam merah rancangan Narciso Rodriguez yang dikenakan oleh Michelle Obama pada malam pemilihan tahun 2008.

Perancang busana Narciso Rodriguez akan menerima National Design Award tahun ini dari Smithsonian's Cooper-Hewitt National Design Museum, bersama 10 nama teratas lainnya dalam bidang desain.

Rodriguez merancang gaun hitam dan merah yang mengesankan yang dikenakan oleh ibu negara Michelle Obama di Chicago pada malam pemilihan tahun 2008. Gaun tersebut baru-baru ini dipamerkan untuk pertama kalinya di National Archives untuk mewakili gaya khasnya dalam sejarah. Sebelumnya, Rodriguez merancang gaun pengantin Carolyn Bessette untuk pernikahannya pada tahun 1996 dengan John F. Kennedy Jr.

Museum Cooper-Hewitt yang berbasis di kota New York mengumumkan penerima penghargaan desain tahun ini pada hari Kamis (5/1). Perwakilan museum mengatakan Rodriguez memberikan definisi ulang terhadap gaya Amerika untuk dua dekade terakhir, memainkan satu-satunya peran tersebut di fesyen global melalui rancangannya yang terstruktur, elegan dan minimal. Ia juga digelari sebagai salah satu orang Hispanik yang paling berpengaruh di Amerika oleh majalah Time.

Pemenang tahun ini juga termasuk perancang merek atau brand designer Ivan Chermayeff dan Tom Geismar untuk pencapaian seumur hidup; arsitek Witold Rybczynski untuk rancangan pikirannya; pasar online Etsy untuk korporasi dan institusi; Angela Brooks dan Lawrence Scarpa untuk arsitektur; studio desain Office San Francisco untuk desain komunikasi; Aaron Koblin dari San Francisco untuk desain interaksi; Roman and Williams Buildings and Interiors untuk desain interior; Andrea Cochran Landscape Architecture untuk desain lanskap; dan perusahaan desain San Francisco LUNAR untuk desain produk.

Direktur museum Caroline Baumann mengatakan tahun ini menandakan tahun ke-15 penghargaan yang diberikan oleh museum tersebut kepada para desainer ternama Amerika.

“Saya gembira menyambut para desainer baru yang luar biasa ini, masing-masing mewakili yang terbaik di bidangnya dan menunjukkan kekuatan desain mempengaruhi kualitas kehidupan, komunitas, ekonomi dan lingkungan kita,” ujarnya ketika mengumumkan penghargaan tersebut.

Ibu negara adalah patron kehormatan National Design Awards, yang diluncurkan di Gedung Putih pada tahun 2000. Juri yang terdiri dari orang-orang ternama di bidang desain dan para pendidik meninjau nominasi dan memilih pemenang berdasarkan keunggulan, inovasi dan pengaruh mereka pada publik.
XS
SM
MD
LG