Tautan-tautan Akses

AS

Seorang Napi yang Kabur dari Penjara New York Tewas Ditembak


Foto dua napi yang kabur dari penjara Clinton, New York (foto: dok). Richard Matt (kanan) berhasil ditembak tewas, sementara David Sweat belum diketahui keberadaannya.

Foto dua napi yang kabur dari penjara Clinton, New York (foto: dok). Richard Matt (kanan) berhasil ditembak tewas, sementara David Sweat belum diketahui keberadaannya.

Seorang narapidana yang kabur dari sebuah penjara di negara bagian New York telah ditembak mati oleh polisi hari Jumat (26/6).

Gubernur negara bagian New York, Andrew Cuomo mengatakan hari Jumat (26/6) bahwa napi yang dipenjara karena kasus pembunuhan, Richard Matt, telah ditembak mati oleh polisi setelah seorang warga mengeluh karena mendengar suara tembakan di sebuah gerobak kemah di Malone, New York. Ia mengatakan polisi perbatasan datang dengan helikopter ke daerah itu dan mencium bau mesiu di dekatnya.

Cuomo mengatakan pihak berwenang belum mengetahui secara pasti keberadaan seorang napi lainnya yang turut melarikan diri. Tidak diketahui apakah napi David Sweat bersama Richard Matt pada waktu penembakan terjadi.

Matt, bersama Sweat, kabur dari Lembaga Pemasyarakatan kota Clinton di negara bagian New York, dekat perbatasan Kanada tiga minggu lalu, yang kemudian menyulut upaya pencarian besar-besaran.

Lebih dari 1.000 polisi Amerika telah ditugaskan untuk menemukan kedua napi yang lari itu.

Matt dan Sweat lolos dengan membobol sel mereka dengan menggunakan peralatan yang diselundupkan dalam daging hamburger yang beku, di penjara yang mempunyai pengamanan maksimum.

Dua karyawan penjara telah ditangkap sehubungan dengan pelarian itu. Gene Palmer dan Joyce Mitchell dituduh membantu menyelundupkan perkakas, termasuk mata gergaji besi dan mata bor kepada kedua napi itu.

Matt, 49 tahun, sedang menjalani hukuman 25 tahun hingga seumur hidup atas penculikan tahun 1997 dan memotong bagian tubuh mantan Bos-nya.

Sweat, 35 tahun, sedang menjalani hukuman seumur hidup tanpa pengurangan hukuman atas pembunuhan seorang polisi di negara bagian New York tahun 2002.

Negara bagian New York telah menawarkan hadiah $ 100.000 atas informasi mengenai kedua pelarian itu atau separuh jumlah itu atas informasi mengenai salah seorang dari mereka.

XS
SM
MD
LG