Tautan-tautan Akses

Nama Sandi 'Geronimo' untuk Misi Bin Laden Picu Kontroversi


Pahlawan suku Indian-Apache, Geronimo berpose dengan membawa senjata. Geronimo adalah kepala suku Fort Sill Apache abad ke-19.

Pahlawan suku Indian-Apache, Geronimo berpose dengan membawa senjata. Geronimo adalah kepala suku Fort Sill Apache abad ke-19.

Mengaitkan nama kepala suku Apache Indian abad ke-19 dengan pemimpin kelompok teroris al-Qaida telah menimbulkan kecaman dari penduduk asli AS.

Para anggota Kongres Amerika siap membahas penggunaan kata "Geronimo," nama seorang pejuang legendaris suku Indian Amerika, sebagai sandi untuk serangan yang menarget Osama bin Laden.

Komisi Senat Amerika untuk urusan suku-suku Indian-Amerika mengadakan sidang dengar pendapat mengenai stereotip racist hari Kamis, yang dijadwalkan sebelum operasi bin Laden, dan sekarang juga akan membahas isu Geronimo.

Mengaitkan nama kepala suku Apache Indian abad ke-19 dengan pemimpin kelompok teroris al-Qaida telah menimbulkan kecaman dari penduduk asli Amerika.

Dalam sejarah penduduk asli Amerika, Geronimo yang sebenarnya dipandang sebagai pahlawan karena melawan pasukan Meksiko dan Amerika yang hendak memperluas daerah kesukuan Indian.

Dalam sepucuk surat kepada Presiden Barack Obama hari Selasa, Jeff Houser, ketua Suku Apache Fort Sill, menyebut penyamaan pahlawan mereka dengan seorang “pembunuh massal dan teroris” menyakitkan dan menyinggung perasaan” semua penduduk asli Amerika, dan menuntut permintaan maaf resmi pemerintah.

XS
SM
MD
LG