Tautan-tautan Akses

AS

Nama Baik Kapten Polisi yang Dipecat karena Bantu Gitaris Guns N’ Roses, Dipulihkan


Ucapan terima kasih gitaris Guns N'Roses DJ Ashba kepada polisian Las Vegas atas ijin menyewa helikopter untuk melamar kekasihnya tahun 2013, memicu penyelidikan yang membuat kapten polisi O'Leary diturunkan jabatannya. O'Leary memilih mengundurkan diri. (AP).

Ucapan terima kasih gitaris Guns N'Roses DJ Ashba kepada polisian Las Vegas atas ijin menyewa helikopter untuk melamar kekasihnya tahun 2013, memicu penyelidikan yang membuat kapten polisi O'Leary diturunkan jabatannya. O'Leary memilih mengundurkan diri. (AP).

Mantan polisi Las Vegas yang memilih mengundurkan diri daripada diturunkan jabatannya karena membantu gitaris kelompok Guns N’ Roses menggunakan helikopter polisi untuk melamar kekasihnya, bisa dipekerjakan kembali.

David O’Leary bisa dipekerjakan kembali setelah catatan kinerjanya dipulihkan dan gaji yang seharusnya diterima sejak 20 Desember 2013 – ketika ia mengundurkan diri – dibayarkan kembali.

Badan yang menyelesaikan perselisihan antara badan-badan urusan publik dan pekerja hari Jum’at (15/5) memerintahkan Kepolisian Las Vegas untuk memulihkan pekerjaan David O’Leary sebagai kapten.

Kepolisian Las Vegas lewat pernyataan tertulis menyatakan pihaknya tidak menyetujui putusan badan tersebut dan berencana mengajukan banding. Banding akan disampaikan pada pengadilan di Clark County – Las Vegas.

Pengacara O’Leary belum memberi komentar atas putusan itu.

O’Leary dikecam karena membantu mengatur peminjaman sebuah helikopter polisi bagi temannya – Daren Jay “DJ” Ashba – pada bulan Agustus 2013 agar gitaris Guns N’ Roses itu bisa melamar kekasihnya ketika itu – Nathalia Henao.

Ucapan terima kasih Ashba di Instagram kepada Kepolisian Las Vegas karena telah membantu mengatur peminjaman helikopter yang memuluskan rencananya untuk melamar kekasihnya di sebuah padang bunga mawar, memicu penyelidikan terhadap O’Leary dan tindakan pilot helikopter tersebut.

Putusan Dewan Hubungan Manajemen-Pekerja Pemerintah Lokal mengatakan keputusan Kepolisian Las Vegas untuk memecat O’Leary bermotif politik karena insiden itu telah memicu perhatian negatif terhadap penggunaan helikopter, bersamaan dengan lobby yang dilakukan polisi setempat untuk menaikkan pajak penjualan guna membayar tambahan polisi.

Putusan itu menyatakan O’Leary – atas nama Ashba – sebelumnya telah meminta pertimbangan sesama rekannya soal penyewaan helikopter ke Grand Canyon itu dan dijawab bahwa tidak satu helikopter pun tersedia. Namun O’Leary diberitahu bahwa Kepolisian Las Vegas bisa menawarkan kesempatan “terbang bersama” dengan helikopter itu dan mereka yang ikut serta menandatangani dokumen yang dibutuhkan untuk terbang.

Putusan juga menyatakan bahwa Ashba melamar kekasihnya di padang bunga mawar yang merupakan bagian dari taman milik umum, bukan properti polisi.

O’Leary telah bekerja selama hampir 25 tahun dan memimpin divisi kejahatan keuangan. Ia langsung mengundurkan diri sebelum diturunkan jabatannya dari kapten menjadi letnan, tetapi kemudian mengajukan permohonan kepada Kepolisian Las Vegas untuk membatalkan pengunduran dirinya itu. Keputusan itu belum dibatalkan. (AP)

XS
SM
MD
LG