Tautan-tautan Akses

Nadia Santini dari Italia Koki Perempuan Terbaik Dunia


Chef Nadia Santini di restorannya, Dal Pescatore rdi kota Canneto Sull'Oglio di utara Italia. (Foto: Dok)

Chef Nadia Santini di restorannya, Dal Pescatore rdi kota Canneto Sull'Oglio di utara Italia. (Foto: Dok)

Penghargaan 50 Restoran Terbaik Dunia memberikan gelar koki perempuan terbaik pada Nadia Santini dari restoran Dal Pescatore di Italia.

Nadia Santini, kepala koki (chef) di restoran Dal Pescatore yang berbintang Michelin di sebuah desa di bagian utara Italia, dinamakan chef perempuan terbaik oleh penghargaan 50 Restoran Terbaik Dunia pada Rabu (3/4).

Santini mengelola dapur restoran di Runate, kota Canneto Sull'Oglio, yang didirikan pada 1925 oleh keluarga suaminya.

Ia dilatih oleh nenek suaminya, Teresa, yang mengelola restoran tersebut ketika menikahi anggota keluarga tersebut hampir 40 tahun yang lalu, karena tidak pernah memasak secara profesional.

Pada 1996, Santini menjadi koki perempuan pertama di Italia yang mendapat tiga bintang Michelin, penghargaan untuk restoran, untuk dapurnya yang memproduksi masakan Italia otentik yang digabungkan dengan pengaruh modern.

“Di pucuk pimpinan dinasti kuliner keluarga Santini, keahlian memasak Nadia Santini telah menaikkan restoran ke nilai tertinggi,” tulis pernyataan dari penghargaan 50 Restoran Terbaik di Dunia yang dikelola oleh majalah Restaurant dari Inggris.

Restoran tersebut tetap menjadi usaha keluarga bersama suaminya, Antonio, yang mengurus manajemen sementara putra-putra mereka Alberto dan Giovanni juga bekerja di sana.

Pemenang-pemenang sebelumnya dari penghargaan tahunan yang dimulai 2011 ini adalah Elena Arzak, kepala restoran Arzak di San Sebastian, Spanyol; dan koki Anne-Sophie Pic dari Maison Pic di Valence, Perancis.

Penghargaan ini didasarkan pada suara 900 pemimpin industri restoran yang membentuk Akademi 50 Restoran Terbaik di Dunia. (Reuters)
XS
SM
MD
LG