Tautan-tautan Akses

AS

NAACP Akhiri Boikot Terhadap South Carolina Menyusul Penurunan Bendera Konfederasi


Bendera konfederasi diturunkan permanen dari halaman DPR South Carolina di Columbia, South Carolina, 10 Juli 2015.

Bendera konfederasi diturunkan permanen dari halaman DPR South Carolina di Columbia, South Carolina, 10 Juli 2015.

Salah satu organisasi hak sipil terbesar di Amerika Serikat telah mengakhiri boikotnya terhadap negara bagian South Carolina.

Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Warga Kulit Berwarna (NAACP) mengumumkan keputusan itu Sabtu, hanya beberapa hari setelah disetujuinya sebuah RUU yang menurunkan bendera konfederasi era Perang Saudara yang kontroversial dari lapangan kantor DPRD South Carolina.

Pemboikotan itu telah diberlakukan sejak tahun 2000.

Dalam sebuah pernyataan, NAACP mengatakan, penurunan bendera itu memang tidak akan menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi negara, namun setidaknya mengakhiri pandangan yang mendukung perbudakan dan kebencian yang telah lama memecah belah negara.

Bendera konfederasi diturunkan secara permanen dari lapangan gedung DPRD South Carolina hari Jumat menyusul legislasi yang diloloskan Senat dan DPRD, dan ditandatangani Gubernur Nikki Haley. UU itu sendiri hasil kampanye besar-besaran yang dimulai setelah seorang pria kulit putih membunuh sembilan warga kulit hitam anggota gereja Episkopal Methodist Emanuel di kota Charleston, 17 Juni lalu.

Para penentang bendera konfederasi mengatakan, bendera itu simbol supremasi kulit putih dan perbudakan.

XS
SM
MD
LG