Tautan-tautan Akses

Pebisnis Muslim Irak Pasang Pohon Natal Tertinggi di Baghdad


Seorang warga Kristen Irak melakukan persiapan untuk misa di gereja kota Qaraqosh, dekat Mosul setelah kota ini dibebaskan dari cengkeraman ISIS 30 Oktober lalu (foto: ilustrasi).

Seorang pebisnis Muslim mengatakan telah memasang pohon Natal tertinggi di Baghdad untuk menunjukkan solidaritasnya kepada umat Kristen pada musim liburan ini.

Pengusaha Muslim Yassir Saad mengatakan kepada Associated Press hari Kamis (15/12) bahwa inisiatif itu bertujuan “menggandeng saudara-saudara Kristiani dalam merayakan hari besar mereka dan membantu rakyat Irak melupakan kedukaan mereka, terutama terkait perang di Mosul,” di mana pasukan Irak memerangi kelompok ISIS.

Pohon setinggi 26 meter dengan diameter 10 meter itu telah dipasang di Taman Zawra di Baghdad. Saad mengatakan inisiatif itu menelan biaya sekitar 24.000 dolar (sekitar Rp 322 juta).

Komunitas Kristen di Irak terus berkurang sejak invasi yang dipimpin AS pada tahun 2003. Warga Kristen telah beberapa kali menjadi sasaran serangan ekstremis, dan banyak yang telah meninggalkan negara itu demi peluang ekonomi yang lebih baik. [vm/ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG