Tautan-tautan Akses

Muslim Indonesia di AS Semarakkan Ramadan dengan Beragam Kegiatan

  • Sri Purwati

Wisma Indonesia, kediaman Dubes RI di AS mengadakan acara buka puasa bersama untuk muslim Indonesia dan warga muslim lainnya (15/7).

Wisma Indonesia, kediaman Dubes RI di AS mengadakan acara buka puasa bersama untuk muslim Indonesia dan warga muslim lainnya (15/7).

Muslim Indonesia di Ibukota Amerika, Washington DC dan sekitarnya, melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan mengadakan berbagai kegiatan.

Seperti Muslim lainnya, Muslim Indonesia di Amerika juga menyelenggarakan acara dan kegiatan khusus dalam bulan Ramadan 2013 ini.

Bagi warga Muslim Indonesia di Washington, D.C. dan sekitarnya, termasuk Maryland dan Virginia, kegiatan Ramadan tahun ini, antara lain Buka Puasa Bersama, Ceramah, atau Siraman Rohani dan Sholat Taraweh.

Indonesian Muslim Association in America atau IMAAM, bekerjasama dengan Musholla KBRI, menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama.

Acara Iftar dan Tarawih diselenggarakan di Aula KBRI dan juga di IMAAM Center, Maryland, bergantian. Juga kadang-kadang , seperti pekan lalu acara buka puasa bersama dan taraweh diselenggarakan di Wisma Indonesia, tempat kediaman Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, yang dihadiri juga oleh warga asing dari negara-negara lain dan juga warga Amerika.

Bapak Haji Bambang Akhirudin, salah seorang pengurus kegiatan Ramadan di Washington DC dan sekitarnya, mengatakan, tahun ini didatangkan Ustadz dari Indonesia.

"Tahun ini, Alhamdulillah IMAAM mendatangkan Ustadz, namanya Ustadz Fahmi Zubir. Beliau dari Aceh, beliau akan kita pakai dalam bulan Ramadan. Selain itu, ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia di Amerika Utara, red.) juga mengadakan Safari Ramadan, itu Ustadz Reza Syarif dan Ustadz Nababan," papar Bambang.



Di samping itu, khusus bagi anak-anak dan remaja ada juga acara khusus, menurut Bambang Akhirudin.

“Selain ada ceramah, Sholat Tarawih, juga ada beberapa kegiatan-kegiatan lain, ada pertandingan anak-anak, ada hafalan buat anak-anak, hafalan surat-surat pendek di Al-Quran, buat anak-anak. Sholat Taraweh dan sholat Tahajud sebelum sahur," tambah Bambang.

Kegiatan bagi anak-anak dan remaja diharapkan supaya anak-anak bersemangat menjalankan kewajiban ibadah bulan Ramadan. Walau acara dan kegiatan Ramadan ini diselenggarakan oleh warga Indonesia, namun terbuka juga bagi warga Muslim lainnya, dari negara-negara lain, dan warga Amerika.
XS
SM
MD
LG