Tautan-tautan Akses

Muslim AS Berbagi Pengalaman Ramadan lewat Program Radio Internet

  • Made Yoni

Beberapa staf radio komunitas Islam Indonesia di Amerika (IMSA) yang menyiarkan acara ngabuburit selama bulan puasa (foto:dok)

Beberapa staf radio komunitas Islam Indonesia di Amerika (IMSA) yang menyiarkan acara ngabuburit selama bulan puasa (foto:dok)

Warga Muslim di Amerika berbagi pengalaman Ramadan dan pengetahuan agama dengan warga dari berbagai negara lewat program radio di internet.

Komunitas Muslim di Chicago menyajikan siaran radio lewat gelombang AM dan online. Siaran mereka bisa disimak lewat Radioislam.com. Bincang-bincang mulai dari topik kekerasan religius hingga peran orang tua Muslim dalam era facebook. Mereka mengundang pakar agama Islam yang berpengalaman lintas agama untuk urun pendapat dalam isu-isu tersebut.

Radio Azad di Irving, Dallas, Negarabagian Texas, menyebut diri Voice of People. Radio ini adalah stasiun radio Asia Tenggara yang mengudarakan programnya lewat gelombang AM dan internet. Radio Azad menyiarkan program bagi umat Islam yang juga disimak oleh pendengar di 15 negara seperti Pakistan, India, Australia, Selandia baru dan Uni Emirat Arab. Para pendengar mereka bisa mengikuti siaran ini lewat internet melalui situs www.radioazad.com

Para penyiar radio Azad berasal dari berbagai profesi mulai dari pengacara, dokter gigi sampai insinyur lingkungan yang menyisihkan waktu luang mereka untuk melakukan siaran secara suka rela.

Radio Azad menyiarkan program berita, musik, budaya, dan diskusi sosial. Radio ini memberi kesempatan diaspora warga Asia Tenggara melangkah maju di masyarakat dan berintegrasi di Amerika. Yayasan Perempuan Muslim Texas juga kerap mengangkat masalah-masalah penting di masyarakat dalam siaran Radio Azad, seperti kampanye menentang kekerasan dan pameran seni Islami.

Sepanjang bulan Ramadan ini Radio Azad menyajikan program Ramadan dua kali sehari pada pagi hari pukul 5-6 dan pada petang hari pukul 8 - 9 malam. Program Ramadan ini disajikan dalam dua bahasa, bahasa Inggris dan Urdu termasuk pembacaan al-Quran dan terjemahannya, ceramah para cendekiawan, resep masakan, dan kisah-kisah nabi.

Direktur program Radio Azad, sebagaimana dikutip Examiner.com mengatakan program-program Ramadan ini akan bermanfaat bagi masyarakat Muslim di Amerika karena menyajikan santapan rohani yang juga bisa didengar oleh masyarakat Muslim di luar Amerika.

Selain menyiarkan program secara online, Radio Azad juga melakukan berbagai kegiatan nyata. Mereka menyelenggarakan acara bertema "perayaan Idul fitri dengan menyumbang berbagai mainan anak-anak”. Radio Azad mengimbau komunitas setempat untuk menyumbangkan mainan dan membawanya ke studio untuk dibungkus sendiri oleh anak-anak yang membuat sendiri kartu Idul Fitri serta membagikannya kepada anak-anak yang membutuhkan.

Beberapa situs Muslim Amerika lainnya seperti www.searchtruth.com juga menyertakan program rekaman mengenai Quran, Hadis, dan pelajaran bahasa Arab.

Komunitas Muslim Indonesia juga mempunyai siaran radio lewat situs radioimsa.org. Pengalaman ngabuburit di seluruh dunia menjadi salah satu topik yang hangat selama Ramadhan tahun ini.
XS
SM
MD
LG