Tautan-tautan Akses

Musharraf Sesalkan Jika Pakistan Diabaikan dalam Upaya Stabilkan Afghanistan


Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf hari Selasa 29/1 mengatakan negaranya bisa "berperan penting" dalam prakarsa untuk menstabilkan Afghanistan (foto: dok).

Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf hari Selasa 29/1 mengatakan negaranya bisa "berperan penting" dalam prakarsa untuk menstabilkan Afghanistan (foto: dok).

Mantan Presiden Pakistan Pervez Musharraf kepada VOA mengatakan negaranya bisa "berperan penting" dalam prakarsa apa saja yang diambil untuk menstabilkan Afghanistan.

Berbicara kepada Radio Ashna VOA di Washington hari Selasa, Musharraf menambahkan, akan "disayangkan" bagi kawasan itu dan Afghanistan jika Pakistan diabaikan dalam proses itu.

Komentarnya dikemukakan selagi pejabat-pejabat tinggi militer Afghanistan bertemu counter-part mereka dari Pakistan di Islamabad untuk diskusi tentang isu-isu pertahanan bersama.

Salah satu hal yang mungkin dibahas dalam agenda itu adalah pelatihan pasukan keamanan Afghanistan di Pakistan. Menurut Musharraf, sejak sebelum serangan teror terhadap Amerika tahun 2001, ia telah memberitahu pemerintah Afghanistan agar mengirim "militer, diplomat dan personil keamanan-nya" ke Pakistan untuk pelatihan gratis - sesuatu yang menurutnya tidak pernah dilakukan Kabul.

Berbicara kepada VOA Afghanistan Service hari Selasa, Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan, Mohammad Omar Daudzai, mengakui berbagai tawaran pelatihan sebelumnya oleh Pakistan dan menyatakan delegasi Afghanistan yang kini berkunjung telah membahas isu kerja sama dengan pejabat-pejabat militer Pakistan.

Namun, Daudzai menambahkan, kesepakatan belum tercapai dan bahwa pemerintahnya tidak berharap akan dicapai satu kesepakatan dalam akhir kunjungan delegasi militer Afghanistan ke Islamabad.
XS
SM
MD
LG