Tautan-tautan Akses

Mundurnya Mubarak Dorong Investor


Para investor di bursa saham Amman, Yordania mengikuti perkembangan politik di Mesir melalui televisi.

Para investor di bursa saham Amman, Yordania mengikuti perkembangan politik di Mesir melalui televisi.

Para investor bereaksi positif atas berita mundurnya Mubarak, menimbulkan harapan krisis politik akan menemukan penyelesaian damai.

Para investor di banyak pasar dunia hari Jumat bereaksi cepat dan positif atas berita bahwa Presiden Mesir Hosni Mubarak telah mengundurkan diri, menimbulkan harapan bahwa krisis politik itu bisa menemukan penyelesaian damai.

Tidak lama setelah pengumuman itu, saham-saham di Eropa dan Amerika naik lebih tinggi.

Harga minyak mentah jatuh, karena investor menghitung risiko gangguan pasokan minyak, berkurang. Di Mesir terletak Terusan Suez, dan salah satu jaringan pipa utama, yang merupakan bagian penting bagi pengiriman minyak dari Teluk Persia ke pasar-pasar di Eropa dan Amerika Utara. Mesir menghasilkan sebagian minyak untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi tidak menjadi pemain kunci dalam pasar minyak dunia.

Belum jelas kapan industri vital pariwisata Mesir akan pulih. Negara itu runyam karena satu juta turis langsung meninggalkan situs-situs bersejarah dan pantai negara itu, dan banyak warga Mesir dalam bidang industri pariwisata telah di-PHK.

Pekerja lain berpangku tangan karena pemogokan dan kerusuhan membuat pabrik-pabrik tidak beroperasi atau membuatnya sulit untuk mendatangkan orang ke tempat kerja dan mengantarkan barang-barang ke pasar.

XS
SM
MD
LG