Tautan-tautan Akses

Mugabe Tolak Para Pemimpin Afrika Selatan


Presiden Zimbabwe Robert Mugabe (kedua dari kiri) menghadiri KTT pembangunan Afrika selatan di Livingstone, Zambia (31/3).

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe (kedua dari kiri) menghadiri KTT pembangunan Afrika selatan di Livingstone, Zambia (31/3).

Presiden Zimbabwe itu mengatakan tidak seorangpun berhak mengatakan kepadanya bagaimana menjalankan negaranya.

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menanggapi kecaman dari para penengah regional, dengan mengatakan tidak seorangpun berhak mengatakan kepadanya bagaimana harus menjalankan negaranya.

Media pemerintah menerbitkan dan menyiarkan pernyataan Mugabe itu Sabtu, satu hari setelah Komuniti Pembangunan Afrika Selatan menyatakan akan memeriksa masalah-masalah dengan pemerintah koalisi yang berbagi kekuasaan di Zimbabwe.

Partai Mugabe – ZanuPF – memasuki persetujuan berbagi iekuasaan dengan Partai Perdana Menteri Morgan Tsvangirai – Gerakan bagi Perubahan Demokratis – setelah pemilu yang dilanda kekerasan tahun 2008. Tetapi kemajuan sangat lambat dan tidak merata.

Jumat, penengah SADC mengenai Zimbabwe, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, menyatakan sangat prihatin mengenai kekerasan politik, penangkapan dan intimidasi serta menuntut agar semuanya itu segera dihentikan.

Komunike SADC juga mengatakan, kelompok itu akan menunjuk para pejabat regional untuk memantau kemajuan ke arah pemilu yang bebas dan adil.

XS
SM
MD
LG