Tautan-tautan Akses

Mubarak Dirawat di Rumah Sakit di Tengah Penyelidikan Korupsi


Hosni Mubarak (82 tahun) akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan hukum terkait tuduhan korupsi selama berkuasa.

Hosni Mubarak (82 tahun) akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan hukum terkait tuduhan korupsi selama berkuasa.

Hosni Mubarak mempunyai masalah kesehatan dan pernah menjalani operasi kantung empedu serta dirawat di Jerman.

Pihak berwenang Mesir mengatakan bekas Presiden Hosni Mubarak dibawa ke RS di kawasan peristirahatan Sharm el-Sheikh, Laut Merah, di mana ia sedang menjalani tahanan rumah.

Mubarak yang berusia 82 tahun itu diperkirakan akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan hukum terkait tuduhan korupsi dan media barat melaporkan sebelumnya ia dijadwalkan diinterogasi para penyelidik Selasa pagi.

Pada tahun-tahun terakhir kekuasaannya Mubarak punya masalah kesehatan dan telah menjalani operasi kantung empedu serta dirawat di Jerman. Ia disingkirkan dari jabatannya lewat demonstrasi besar 11 Februari lalu.

Hari Minggu jaksa Mesir memanggil Mubarak untuk diinterogasi mengenai tewasnya demonstran dan penggelapan uang rakyat, sementara ratusan demonstran di lapangan Tahrir di Kairo menuntut agar ia diadili.

Pernyataan dari kantor kejaksaan itu mengatakan anak laki-laki Mubarak Gamal dan Alaa juga dipanggil dalam penyelidikan korupsi itu. Pengumuman berikutnya hari Minggu mengatakan pihak berwenang menahan bekas perdana menteri Ahmed Nazif selama 15 hari sebagai bagian dari penyelidikan korupsi.

Presiden yang tersingkir itu mengatakan tuduhan-tuduhan terhadapnya tidak berdasar dan ia punya hak untuk membela reputasi dan keluarganya.

XS
SM
MD
LG