Tautan-tautan Akses

Mubarak dan Isteri Diperiksa Terkait Investigasi Kekayaan


Presiden Mesir Hosni Mubarak dan isterinya, Suzanne Mubarak (kanan) saat melakukan kunjungan ke Maroko (foto: dok. tahun 2006)

Presiden Mesir Hosni Mubarak dan isterinya, Suzanne Mubarak (kanan) saat melakukan kunjungan ke Maroko (foto: dok. tahun 2006)

Para pejabat mengatakan mantan diktator Mesir dan isterinya itu diinterogasi hari Kamis di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh.

Tim jaksa Mesir mengatakan mantan Presiden Hosni Mubarak dan isterinya, Suzanne, telah diinterogasi terkait tuduhan ia secara ilegal menumpuk kekayaan dalam jumlah sangat besar.

Para pejabat mengatakan suami-isteri itu diinterogasi hari Kamis di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh, di mana Mubarak telah dirawat di rumah sakit setelah disingkirkan dari jabatannya dalam protes anti-pemerintah besar-besaran bulan Februari lalu. Dia dilaporkan menderita penyakit jantung dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Tim jaksa telah melakukan penyelidikan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan oleh mantan presiden itu dan kedua putranya, Gamal dan Alaa. Jaksa telah memeriksa Mubarak terkait beberapa tuduhan termasuk perintah penembakan ke arah para demonstran anti-pemerintah.

Media Mesir mengatakan investigasi hari Kamis itu merupakan pertama kali Mubarak diinterogasi mengenai kekayaannya. Laporan-laporan media mengisyaratkan asset keluarga Mubarak kemungkinan berjumlah milyaran dollar.

XS
SM
MD
LG