Tautan-tautan Akses

Moskow dan Teheran Kecam Sanksi Baru Barat terhadap Iran


Suasana rapat Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Vienna, Austria (17/11). Iran dan Rusia mengecam sanksi baru negara-negara Barat untuk Proyek Nuklir Iran.

Suasana rapat Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Vienna, Austria (17/11). Iran dan Rusia mengecam sanksi baru negara-negara Barat untuk Proyek Nuklir Iran.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast, mengatakan tindakan sanksi sepihak dari ketiga negara Barat akan terbukti tidak efektif.

Iran dan sekutu kuatnya, Rusia, mengecam sanksi negara-negara Barat terhadap sektor finansial, energi dan minyak Teheran. Mereke menyebut sanksi tersebut ilegal dan sia-sia.

Amerika, Kanada dan Inggris, Senin kemarin masing-masing mengumumkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan tekanan ekonomi terhadap Iran sebagai jawaban kepada keprihatinan internasional bahwa Teheran sedang membuat senjata nuklir.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast, mengatakan hari Selasa bahwa tindakan sepihak dari ketiga negara di atas pada akhirnya hanyalah sekadar propaganda dan perang psikologis. Ia meramalkan bahwa tindakan-tindakan ini akan terbukti tidak efektif. Selain itu ia juga mengatakan bahwa nilai perdagangan dan ekonomi dengan Amerika serta Inggris, tidak signifikan.

Secara terpisah, kementerian luar negeri Rusia menyebut sanksi-sanksi ini tidak dapat diterima dan bertolak belakang dengan hukum internasional.

Moskow dan Beijing telah menghalangi semua langkah mendapatkan persetujuan Dewan Keamanan PBB untuk menghukum Teheran. Sampai saat ini, empat perangkat sanksi terhadap Iran telah diberlakukan.

XS
SM
MD
LG