Tautan-tautan Akses

Mozaik Kuno Ditemukan Lagi di Israel


Sebagian dari lantai mozaik berusia 1.700 tahun jaman Romawi ditemukan di Lod, Israel (16/11).

Sebagian dari lantai mozaik berusia 1.700 tahun jaman Romawi ditemukan di Lod, Israel (16/11).

Mozaik asli itu telah dipamerkan di Metropolitan Museum di New York, Louvre di Paris, dan museum Hermitage di St. Petersburg.

Pihak berwenang purbakala Israel hari Senin (16/11) mengungkapkan lantai mozaik berusia 1.700 tahun yang ditemukan para arkeolog tahun lalu ketika membangun pusat pengunjung yang dimaksudkan untuk memamerkan mozaik yang lain, yang ditemukan 20 tahun yang lalu di lokasi yang sama.

Pihak berwenang mengatakan mozaik zaman Romawi yang ditemukan baru-baru ini berukuran 11 kali 13 meter dan di lantai pekarangan sebuah villa di kawasan orang kaya yang berdiri pada zaman Romawi dan Bisantine. Gambar mozaik itu berupa pemandangan pemburuan binatang, ikan, jambangan dan burung.

“Mutu gambar yang ditunjukkan mozaik itu memberi indikasi kemampuan seni yang sangat maju,” kata Amir Gorzalczany, yang mengarahkan penggalian itu.

Mozaik baru itu ditemukan hanya beberapa meter dari mozaik yang pertama, dalam apa yang sekarang kota Lod di bagian tengah Israel.

Pihak berwenang mengatakan mozaik yang ditemukan dalam tahun 1990-an menutupi lantai kamar tamu villa tersebut sementara mosaik yang baru ditemukan dipasang pada lantai pekarangan.

Mozaik asli itu telah dipamerkan di Metropolitan Museum di New York, Louvre di Paris, dan museum Hermitage di St. Petersburg. Mozaik itu saat ini dipamerkan di Cini Gallery di Venice, Italia, dan diperkirakan akan dikembalikan ke Lod setelah pameran tersebut berakhir. [gp/eis]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG