Tautan-tautan Akses

Mohamed Morsi Janjikan Era Baru bagi Mesir


Presiden Mesir yang baru dilantik, Mohamed Morsi saat memberikan pidato pelantikan di Universitas Kairo, Mesir (30/6).

Presiden Mesir yang baru dilantik, Mohamed Morsi saat memberikan pidato pelantikan di Universitas Kairo, Mesir (30/6).

Presiden baru Mesir, Mohamed Morsi menjanjikan sebuah masa depan yang lebih cerah, dengan mengatakan Mesir pada akhirnya telah mengakhiri kekuasaan militer.

Presiden Morsi berbicara di hadapan ratusan pejabat dan pendukung yang berkumpul di Universitas Kairo hari Sabtu untuk mendengarkan pidato pelantikannya. Beberapa jam sebelumnya ia diambil sumpah sebagai presiden sipil terpilih pertama Mesir.

Selama pidatonya, Morsi menyerukan bagi sebuah “kelahiran kembali” nasional dan mendesak warga Mesir “menghentikan kekacauan.” Presiden yang baru diambil sumpah ini berjanji memperjuangkan keadilan sosial dan menyerukan agar pihak militer kembali ke tugas utamanya, yakni melindungi Mesir dari ancaman fihak luar.

Berbicara tentang kebijakan luar negerinya, Morsi menjanjikan dukungan untuk apa yang disebutnya “hak-hak sah dari rakyat Palestina dan menyerukan pengakhiran kekerasan di Suriah.

Morsi berkampanye sebagai kandidat presiden dari Ikhwanul Muslimin, sebuah kelompok yang dilarang oleh bekas Presiden Hosni Mubarak.

Setelah ia secara resmi dinyatakan menang dalam pemilihan presiden, Morsi mengundurkan dari keanggotaan dalam Ikhwanul Muslimin, sesuai dengan janjinya untuk mewakili semua warga Mesir selama masa jabatannya.

XS
SM
MD
LG