Tautan-tautan Akses

Moody's Turunkan Peringkat Kredit Portugal

  • Selah Hennessy

Para pekerja pada galangan kapal di kota Viana do Castelo, Portugal berjalan menuju pusat kota hari Rabu (6/7) untuk memrotes rencana PHK atas 380 pegawai, atau lebih dari separuh jumlah pegawai di tempat itu.

Para pekerja pada galangan kapal di kota Viana do Castelo, Portugal berjalan menuju pusat kota hari Rabu (6/7) untuk memrotes rencana PHK atas 380 pegawai, atau lebih dari separuh jumlah pegawai di tempat itu.

Ketua Komisi Eropa Jose Barroso mengatakan sangat menyesal atas keputusan yang dibuat oleh lembaga pemeringkat kredit Moody's Investors Service yang menurunkan peringkat Portugal.

Berbicara di Strasbourg , Ketua Komisi Eropa Jose Barroso mengatakan Portugal telah mulai melakukan program penyesuaian dan terserah kepada Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional untuk memastikan program itu memenuhi persyaratannya.

“Keputusan yang diambil oleh satu badan pemeringkat kemarin tidak memberi kejelasan lebih lanjut. Tetapi malah menambah unsur spekulatif dalam situasi ini,” ujar Barroso.

Moody’s Investors Service menurunkan peringkat kredit Portugal hari Selasa. Dua bulan lalu, Portugal menerima paket bantuan bernilai lebih dari 100 milyar dolar, tetapi Moody’s berpendapat Portugal akan membutuhkan dana talangan kedua dan penurunan peringkat itu, menurut Moody’s, mencerminkan hal itu.

Pakar strategi keuangan utama pada BGC Partners di London, Howard Wheeldon, berpendapat Moody’s mengambil keputusan yang keliru.

Ia mengatakan, “Keputusan itu terlalu drastis, mengingat itu dilakukan pada saat Portugal sedang berupaya mengatasi masalahnya. Perdana Menteri Portugal mengatakan, tidak seperti Yunani ia mendapat dukungan penuh rakyatnya.”

Portugal menghasilkan kurang dari dua persen produk domestik kotor zona euro. Tetapi ketangguhan ekonominya penting dalam konteks zona euro yang lebih luas serta kekuatan mata uang euro.

Portugal merupakan salah satu negara Eropa, termasuk Yunani, Irlandia, dan Spanyol, yang menghadapi hutang negara yang besar.

Para pemimpin Eropa, bersama Dana Moneter Internasional, berupaya membantu perekonomian negara-negara Eropa itu. Seperti di Yunani, pinjaman puluhan milyar dolar diberikan sebagai imbalan atas tindakan pengetatan ekonomi yang luar biasa.

Tetapi sebagian pemimpin Eropa, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, menghimbau agar para investor dilibatkan dalam rencana penyelamatan baru bagi Yunani. Moody’s mengatakan mungkin hal yang sama juga akan diperlukan bagi Portugal – dan itu mengkhawatirkan pasar.

Pemerintah Portugal menyerang balik keputusan Moody’s untuk menurunkan peringkat kreditnya. Menteri Keuangan Vitor Gaspar mengatakan hari Selasa Moody’s tidak memperhitungkan tindakan-tindakan pengetatan baru atau dukungan politik di Portugal bagi disiplin fiskal yang sedang dijalankan.

XS
SM
MD
LG