Tautan-tautan Akses

Moody’s Kembali Turunkan Peringkat Kredit Ukraina


Papan bertuliskan nilai pertukaran mata uang di pusat kota Kyiv, Ukraina (25/2). (Reuters/Valentyn Ogirenko)

Papan bertuliskan nilai pertukaran mata uang di pusat kota Kyiv, Ukraina (25/2). (Reuters/Valentyn Ogirenko)

Prospek negatif Moody's menunjukkan bahwa utang Ukraina dan tingkat utang luar negerinya akan tetap tinggi meski pembicaraan restrukturisasi utang dan reformasi ekonomi sedang berlangsung.

Moody’s Investors Service memotong peringkat kelayakan kredit Ukraina ke tingkat terendah untuk kedua kalinya sambil memperingatkan bahwa para kreditor menghadapi kerugian besar dalam perundingan restrukturisasi hutang dengan para pemegang obligasi.

Pernyataan dari badan penilai kelayakan kredit itu mengatakan kegagalan membayar kembali bantuan US$40 milyar dari Dana Moneter Internasional (IMF) “boleh dikatakan” sudah pasti, sementara Kyiv meneruskan pembicaraan sementara mengenai restrukturisasi obligasi Euro-nya.

Ukraina, yang dibebani konflik maut berbiaya tinggi selama setahun dengan pemberontak pro-Rusia dekat perbatasan Rusia, sedang berusaha memotong $15 milyar dari biaya angsuran utangnya selama empat tahun, sebagai bagian dari bantuan IMF yang disetujui sebelumnya bulan ini.

Moody’s mengatakan prospek negatifnya mencerminkan perkiraannya bahwa utang pemerintah Ukraina dan tingkat utang luar negerinya akan tetap tinggi, walaupun pembicaraan restrukturisasi utang dan reformasi ekonomi sedang berlangsung.

XS
SM
MD
LG