Tautan-tautan Akses

Mongolia Gelar Pemilihan Presiden Hari ini


Capres Baterdene Badmaanyambuu melambaikan tang an kepada para hadirin di TPS nomer 9 di distrik Chingeltei, Ulan Bator, Mongolia (26/6).

Capres Baterdene Badmaanyambuu melambaikan tang an kepada para hadirin di TPS nomer 9 di distrik Chingeltei, Ulan Bator, Mongolia (26/6).

Rakyat Mongolia mendatangi TPS-TPS untuk mengikuti pemilihan presiden hari ini, Rabu (26/6).

Tiga calon Presiden Mongolia berjanji menggunakan kekayaan mineral yang besar negara itu untuk membantu penduduknya yang masih miskin.

Presiden Elbegdorj Tsakhia dari Partai Demokrat yang berkuasa diperkirakan akan memenangkan masa jabatan empat tahunnya yang kedua. Pemimpin yang berpendidikan Harvard itu berkampanye dengan janji memerangi korupsi dan menggunakan devisa untuk memotori pembangunan.

Saingan utama Elbegdorj adalah mantan juara gulat, Baterdene Badmaanyambuu. Anggota parlemen dari oposisi Partai Rakyat Mongolia itu telah berjanji untuk melindungi lingkungan dan mendukung persatuan nasional.

Calon yang ketiga, Menteri Kesehatan Natsag Udval, adalah perempuan pertama Mongolia yang berupaya untuk menjadi presiden di negara itu. Udval merupakan anggota Partai Revolusioner Rakyat dan mendukung mantan Presiden Enkhbayar Nambar, yang dipenjara atas tuduhan korupsi.

TPS dibuka pukul 7 pagi waktu setempat hari Rabu. Pemilihan babak kedua menurut rencana akan diadakan tanggal 10 Juli apabila tidak ada calon yang memenangkan lebih dari 50 persen suara.
XS
SM
MD
LG