Tautan-tautan Akses

Mojang Bandung Menang Kompetisi Masak Cooks vs Cons


Miranti, pemenang kompetisi memasak Cooks vs Cons di saluran televisi Food Network.

Miranti, pemenang kompetisi memasak Cooks vs Cons di saluran televisi Food Network.

Siapa yang menyangka, Miranti, seorang desainer dan artis panggung, yang tidak pernah mengenyam pendidikan kuliner ini jago memasak dan berhasil mengecoh para juri.

Seorang warga Indonesia asal Bandung bernama Miranti memenangkan acara kompetisi memasak, Cooks vs Cons, yang disiarkan di saluran televisi Food Network di AS.

Kompetisi ini mengadu 4 kontestan dengan keahlian masak mereka dan para juri diminta untuk menebak siapa di antara yang benar-benar seorang chef profesional.

Siapa yang menyangka, Miranti, seorang desainer dan artis panggung, yang tidak pernah mengenyam pendidikan kuliner ini jago memasak dan berhasil mengecoh para juri.

"Saya nggak pernah sekolah kuliner. Saya belajar masak dari keluarga. Nenek saya jago masak. Bapak saya juga suka masak. Semua keluarga saya suka makan," kata Miranti.

Dari situ, Miranti mulai mengasah hobi memasaknya dan menjelajah berbagai jenis kuliner. Ia sering mengundang teman-temannya untuk menjadi kelinci percobaan untuk resep yang ia coba. Kemudian Miranti juga mengunduh foto-foto hasil masakannya ke media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Miranti, pemenang Cooks vs Cons saat diwawancara tim VOA.

Miranti, pemenang Cooks vs Cons saat diwawancara tim VOA.

Awal keterlibatan Miranti dalam kompetisi ini sebenarnya tidak sengaja. Seorang teman yang tengah mengadakan audisi mendorongnya untuk mencoba. Hanya dalam waktu 2 hari dan dengan bermodalkan dua kamera ponsel, Miranti dan suami membuat video untuk didaftarkan ke tim casting.

"Dalam waktu 12 jam saya dibantu suami, mencoba untuk membuat video cooking show," ujar Miranti, "Saya dandan dan memilih salah satu personality yang cocok dengan saya, dan mulai membuat pie."

Selain video, Miranti juga diminta untuk membuat esai mengenai dirinya, dimana ia bercerita banyak tentang latar belakanganya dari Indonesia, dan hobi memasaknya.

Miranti, pemenang Cooks vs Cons, dan hasil karyanya.

Miranti, pemenang Cooks vs Cons, dan hasil karyanya.

Dalam episode ‘Mac and Cheese Meltdown,’ Miranti memasak menu bebek, memadukan selera timur dan barat.

"Itu challenging banget karena saya harus menyelesaikan masakan itu sampai presentasinya dalam waktu 30 menit," cerita Miranti.

"Dan semua yang ada di TV itu memang benar-benar terjadi, kalau masakannya gagal ya gagal aja."

Bagi lulusan jurusan Biologi ITB ini, kemenangannya di acara Cooks vs Cons akan membuka banyak kesempatan untuk mewujudkan mimpinya di dunia kuliner.

Namun, ia enggan untuk membuka sebuah restoran mengingat tantangan dan kompetisi yang semakin ketat.

"Saya terinspirasi oleh Anthony Bourdain, karena makanan itu kan bagian dari budaya," ujar Miranti. "Jadi moga-moga setelah ini impian saya untuk membuat cooking show, bisa segera terwujud."

XS
SM
MD
LG