Tautan-tautan Akses

Mobil Porsche Psychedelic Janis Joplin Dilelang


Mobil Porsche Cabriolet Type 356 C keluaran tahun 1965 milik Janis Joplin di ruang pamer Porsche By Design Seducing Speed, Museum Seni North Carolina di Raleigh, N.C (Foto: dok).

Mobil Porsche Cabriolet Type 356 C keluaran tahun 1965 milik Janis Joplin di ruang pamer Porsche By Design Seducing Speed, Museum Seni North Carolina di Raleigh, N.C (Foto: dok).

Janis Joplin memang memiliki lagu hits tahun 1970 berjudul Mercedes-Benz, tapi mobil pilihannya adalah mobil merek Porsche yang berwarna-warni psychedelic. Mobil Porche miliknya itu kini akan dilelang.

Mobil Porsche 1600 Cabriolet 356c keluaran tahun 1965 diharapkan dapat terjual seharga $ 400.000 dalam lelang yang akan digelar oleh RM Sotheby di New York pada bulan Desember mendatang.

Rumah lelang tersebut menyebutkan Joplin membeli Porsche pada tahun 1968 namun cat putih mobil tersebut 'membosankan' dan meminta temannya untuk menghiasi mobil itu dengan mural kaleidoskopik. Hasilnya, mobil itu berhiaskan lukisan kupu-kupu, ubur-ubur dan potret Joplin dan band-nya, Big Brother dan Holding Company.

"Janis mengendarai mobil iItu ke mana-mana, keliling San Francisco dan Los Angeles saat rekaman di studio musik," kata adiknya dan penulis biografi Laura Joplin. "Ke mana pun Janis pergi dengan mobilnya, fans-nya mengenali mobilnya. Ketika dia memarkir mobilnya, selalu ada setidaknya satu pesan dari penggemarnya yang diletakkan di bawah wiper."

Joplin meninggal karena overdosis heroin pada usia 27 pada 4 Oktober 1970, tiga hari setelah merekam lagu "Mercedes Benz," di mana dia menyanyikan, "Oh Tuhan, berikanlah saya sebuah Mercedes Benz. Teman-teman saya semua menyetir Porsche, saya harus menebus kesalahan. "

Setelah kematiannya, mobil itu dikemudikan oleh manajer Joplin. Mobil tersebut kemudian diperbaiki pada awal 1990-an dan dipajang di Museum Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland sejak tahun 1995.

Keluarga Joplin kini memutuskan untuk melelang mobil tersebut, demikian keterangan dari rumah lelang RM Sotheby, Selasa (15/9).

"Ini mobil yang fantastis yang melampaui seni, budaya pop dan gerakan sosial serta merupakan terobosan yang menakjubkan seperti halnya penyanyi tenar itu sendiri," kata Ian Kelleher, direktur divisi RM Sotheby West Coast.

Mobil ini akan dijual pada 10 Desember sebagai bagian dari acara bertajuk "Driven by Disruption" yang diprakarsai oleh RM Sotheby, yang akan melelang 30 mobil bergaya yang dipermak secara kreatif.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG