Tautan-tautan Akses

AS

Mitt Romney Peroleh Cukup Delegasi untuk Jadi Capres


Calon Presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney (Foto: dok).

Calon Presiden AS dari Partai Republik, Mitt Romney (Foto: dok).

Mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney telah mencapai cukup delegasi untuk menjadi calon Presiden AS dari partai Republik.

Kantor-kantor berita Amerika memperkirakan Romney akan meraih kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan di Texas, dimana lebih dari 150 delegasi diperebutkan. Ini akan memberinya lebih dari 1.144 delegasi yang dibutuhkan untuk menjadi calon.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan dalam kampanyenya, Romney mengatakan partai Republik telah bersatu dengan sasaran untuk meninggalkan kegagalan selama tiga setengah tahun terakhir, dan mengembalikan Amerika ke kemakmuran dan jalur lapangan pekerjaan sepenuhnya.

Partai Republik akan mengadakan konvensi di Tampa, Florida, bulan Augustus untuk dengan resmi menjanjikan delegasi kepada Romney dan pilihannya sebagai calon wakil presiden.

Setelah kalah dalam pemilihan pendahuluan partai Republik empat tahun lalu atas Senator John McCain, Romney kali ini dapat mengatasi tantangan berat dari beberapa penantang, termasuk Newt Gingrich, Rick Santorum, Rick Perry, dan Herman Cain. Para penantangnya ini pernah mendapat dukungan terbesar dari pemilih selama masa kampanye.

Mereka juga mempertanyakan kesungguhan Romney sebagai seorang konservatif, dengan mengatakan ia terlalu moderat untuk menjadi pilihan alternatif disamping Presiden Barack Obama, dari partai Demokrat.

Angket pendapat umum baru-baru ini menunjukkan Romney berimbang dengan Obama, yang tidak menghadapi penantang dari partainya.
XS
SM
MD
LG