Tautan-tautan Akses

AS

Mitt Romney Masih Calon Kuat Menlu AS


Mantan kandidat presiden Partai Republik tahun 2012, Mitt Romney (Foto: dok).

Presiden terpilih Donald Trump akan mengumumkan siapa yang akan menduduki posisi diplomatik tertinggi negara itu pekan depan.

Presiden terpilih Donald Trump mengatakan, Rabu (7/12), mantan pengecam dan kandidat presiden Partai Republik tahun 2012 Mitt Romney masih dipertimbangkan sebagai menteri luar negeri, mengukuhkan laporan-laporan yang menyebutkan Romney masih calon kuat untuk jabatan tersebut.

"Saya telah berbicara dengannya dan saya kira sudah banyak yang kita capai,” kata Trump mengenai Romney dalam wawancara telepon di program televisi NBC's Today.

Trump mengatakan, ia mungkin akan mengumumkan siapa yang akan menduduki posisi diplomatik tertinggi negara itu pekan depan.

Trump pekan lalu telah memperpendek daftarnya menjadi empat nama. Mereka adalah Romney, mantan walikota New York Rudy Giuliani, mantan direktur CIA David Petraeus dan Senator Tennessee Bob Corker. Trump juga telah mewawancara mantan dubes AS John Bolton dan melangsungkan pembicaraan dengan beberapa tokoh lain, termasuk pensiunan Laksaman Angkatan Laut James Stavridis dan mantan Dubes AS untuk China, Jon Huntsman.

Hari Selasa, presiden terpilih bertemu CEO ExxonMobil Corporation, Rex Tillerson, yang juga disebut-sebut kandidat menlu AS. Pengusaha minyak berusia 64 tahun itu tidak memiliki pengalaman pemerintahan namun memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan sejumlah pemimpin dunia lain. [ab/as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG