Tautan-tautan Akses

Mitt Romney Harapkan Kemenangan Besar di Illinois


Kandidat capres AS dari partai republik, Mitt Romney, bersama istrinya Ann di Restoran Charlie Parker, Springfield, Illinois (19/3)

Kandidat capres AS dari partai republik, Mitt Romney, bersama istrinya Ann di Restoran Charlie Parker, Springfield, Illinois (19/3)

Mitt Romney sedang berupaya memperbesar keunggulan atas pesaing utamanya Rick Santorum. Angket pendapat umum menunjukkan Romney unggul 15 poin atas Santorum di Illinois.

Kontestan calon presiden Amerika dari partai Republik Mitt Romney mengharapkan kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan partainya hari ini di negara bagian Illinois, di bagian tengah Amerika Serikat.

Enam puluh sembilan delegasi diperebutkan dari negara bagian ini. Kemenangan akan memberi Romney momentum besar menuju pemilihan di negara-negara bagian lain. Mantan gubernur Massachusetts itu sudah memenangkan 521 delegasi sedangkan Santorum hanya memperoleh 253.

Kedua kontestan lainnya dari partai Republik, Newt Gingrich dan Ron Paul, sudah jauh tertinggal.

Hari Senin, Romney dan Santorum berkampanye di Illinois, Romney bertemu dengan rakyat pemilih di sebuah restoran di ibukota negara bagian itu, Springfield, sebelum berangkat menuju Chicago untuk menyampaikan pidato ekonomi. Ia berjanji untuk membatasi belanja pemerintah.

Santorum telah mengatakan kalau ia menang dalam pemilihan pendahuluan hari ini, ia akan menjadi calon presiden dari partai Republik. Mantan senator Amerika itu mendesak pendukung agar berusaha mengajak orang lain untuk memilihnya.

Hari Minggu, Romney memenangkan 20 delegasi dari Puerto Rico, yang memperdekat perolehan delegasinya ke jumlah 1,144 yang dibutuhkan untuk menjadi calon presiden dari partai Republik. Pemenang akan menghadapi Presiden Obama, seorang Demokrat, dalam pemilihan presiden bulan November nanti.

XS
SM
MD
LG