Tautan-tautan Akses

Misteri Kenapa Simpanse Saling Bunuh Diantara Mereka


Dua ekor simpanse di Pusat Rehabilitasi Simpanse Eden, Nelspruit, Afrika Selatan (foto: dok).

Dua ekor simpanse di Pusat Rehabilitasi Simpanse Eden, Nelspruit, Afrika Selatan (foto: dok).

Sebuah studi internasional terbaru, yang dilakukan terhadap komunitas simpanse di seluruh Afrika, mengindikasikan bahwa pembunuhan terjadi secara alami di antara jenis primata ini.

Dalam laporan yang diterbitkan dalam jurnal online Science, kelompok terdiri dari 30 ilmuwan mengatakan mereka menyaksikan 58 kasus di mana perkelahian antar kelompok simpanse jantan menyebabkan kematian.

Para ilmuwan itu menemukan bukti berbagai pertarungan berdarah lainnya, biasanya di perbatasan antara komunitas-komunitas simpanse, yang menyebabkan 152 kematian.

Setelah memasukkan data mereka ke dalam model komputer, para ilmuwan menyimpulkan bahwa agresi mematikan merupakan konsekuensi dari proses alami yang memberi pihak pemenang wilayah, makanan dan pasangan, yang akhirnya mengarah pada peluang lebih baik untuk mewariskan gen ke generasi penerus.

Sebelumnya, para antropolog mengaitkan perilaku pembunuh di antara simpanse dengan aktivitas manusia, seperti mempersempit habitat alami simpanse dan memberikan makanan kepada primata itu.

Sebagian ilmuwan masih memperdebatkan temuan terbaru itu, dan mengatakan aktivitas manusia masih bisa memberikan alasan yang mendasari strategi adaptif simpanse.

Penelitian itu dipimpin oleh antropolog dari University of Minnesota, Amerika.

XS
SM
MD
LG