Tautan-tautan Akses

Misteri Masih Selimuti Sosok Pemimpin Baru Korea Utara


Pemimpin baru Korea Utara, Kim Jong Un, putra ketiga Kim Jong Il (foto: dok).

Pemimpin baru Korea Utara, Kim Jong Un, putra ketiga Kim Jong Il (foto: dok).

Sedikit sekali informasi yang diketahui oleh dunia internasional mengenai penerus kekuasaan di Korea Utara, Kim Jong Un.

Pewaris kekuasaan Kim Jong Il, putra ketiganya Kim Jong Un, melonjak karirnya sejak menjadi jenderal bintang empat setahun lalu. Tapi ia bahkan lebih merupakan teka-teki dibandingkan ayahnya.

Kim Jong Un dipercaya berusia sekitar 28 tahun. Tahun ia lahir, siapa ibunya dan status pernikahan Kim tidak diketahui dengan pasti. Menurut laporan, Kim menguasai berbagai bahasa asing, termasuk bahasa Inggris dan Jerman, dan disebut-sebut sebagai lulusan sebuah sekolah di Swiss, dan Universitas Kim Il Sung di Korea Utara.

Menurut laporan, Kim Jong Un terampil menggunakan komputer dan berbagai teknologi canggih lainnya. Ia juga dideskripsikan oleh seorang mantan juru masak keluaga, dalam sebuah riwayat hidup, sebagai seseorang yang kompetitif dan tidak kenal belas kasihan.

Kim Jong Il memperkenalkan Jong Un sebagai penerusnya setahun lalu dan menempatkannya di berbagai posisi tinggi di pemerintahannya. Selama setahun terakhir, Kim Jong Un sering terlihat menemani ayahnya dalam berbagai kunjungan ke luar negeri. Jong Un juga membangun jaringan politiknya dengan terlibat dalam berbagai kebijakan domestik dan luar negeri, dan memegang jabatan penting dalam Partai Pekerja yang berkuasa.

Kim Jong Un diperkenalkan kepada dunia tahun lalu dalam sebuah parade militer dalam rangka merayakan ulang tahun ke-65 Partai Pekerja. Berdiri di samping ayahnya, ia memberi hormat kepada para prajurit -- gambar yang kemudian ditangkap oleh media internasional.

XS
SM
MD
LG