Tautan-tautan Akses

Misi Senjata Kimia Suriah Tunggu Rencana Perlucutan Senjata Pemerintah


Kendaraan PBB terlihat parkir di depan hotel Four Seasons, dimana tim ahli dari OPCW menginap selama bertugas di Damaskus (22/10).

Kendaraan PBB terlihat parkir di depan hotel Four Seasons, dimana tim ahli dari OPCW menginap selama bertugas di Damaskus (22/10).

Misi yang mengawasi pembongkaran program senjata kimia Suriah menunggu pemerintah menyerahkan rencana untuk menghancurkan senjata kimia yang ada, Kamis (24/10).

Penghancuran senjata kimia merupakan fase terakhir dari persetujuan dengan PBB dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) untuk memusnahkan senjata kimia Suriah sebelum pertengahan tahun depan.

Suriah memiliki waktu hingga hari Minggu untuk menyerahkan rencana tersebut, tetapi seorang juru bicara OPCW mengatakan hari Rabu (23/10) misi itu berharap untuk menerima dokumen awal dalam waktu 24 jam yang membahas bagaimana pemerintah akan menghancurkan senjata kimia tersebut.

Para inspektur OPCW telah mengunjungi sebagian besar lokasi produksi senjata kimia yang diungkapkan oleh Suriah, dimana kru membuat peralatan tidak dapat dioperasikan.

Organisasi itu menyatakan keyakinan bahwa kemampuan Suriah untuk membuat senjata kimia baru akan dihancurkan sebelum tenggat waktu yang dijadwalkan tanggal 1 November.
XS
SM
MD
LG