Tautan-tautan Akses

Minta Penjelasan Soal Ukraina, Pemerintah Australia Pangil Dubes Rusia


Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop (Foto: dok).

Pemerintah Australia telah memanggil duta besar Rusia Vladimir Morozov untuk menjelaskan tindakan negaranya di Ukraina.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan Sekjen departemennya Peter Varghese, akan bertemu dengan Duta Besar Vladimir Morozov hari Senin (3/3).

“Kami akan mengutarakan keprihatinan kami dengan resmi, dengan langsung melaluinya dan juga berusaha untuk memastikan apa sebenarnya yang dianggap pemerintah Rusia yang dilakukannya,” demikian kata Bishop kepada radio Australia hari Senin.

Ketika ditanya apakah pemerintahnya sedang mempertimbangkan pengusiran Duta Besar itu, Bishop menjawab,”Kita harus mengetahui hal pertama terlebih dahulu.”

Ukraina telah menyiagakan militernya hari Minggu dan menghimbau pertolongan internasional untuk menghindarkan apa yang dikhawatirkannya kemungkinan penyerbuan yang lebih luas oleh Rusia.

Sehari setelah Rusia merebut semenanjung Krimea tanpa melepaskan satu tembakan, kekhawatiran meningkat di ibukota Ukraina dan di luarnya bahwa Rusia kemungkinan akan berusaha memperluas kekuasaannya dengan merebut daerah-daerah lain Ukraina Timur.

Bishop mendesak pemerintah baru Ukraina untuk meneruskan pengekangan diri dalam menghadapi provokasi, dan menambahkan dia prihatin ketika mengetahui bahwa permohonan Ukraina untuk melakukan pembicaraan segera dengan Rusia telah ditolak.
XS
SM
MD
LG