Tautan-tautan Akses

Militer Yaman Tewaskan Tiga Militan di sebelah Utara Ibukota


Warga melewati bank yang rusak setelah diserang oleh kawanan bersenjata. (Foto: dok)

Warga melewati bank yang rusak setelah diserang oleh kawanan bersenjata. (Foto: dok)

Unit antiterorisme Yaman yang didukung tentara Senin pagi melancarkan serangan terhadap tempat-tempat persembunyian para tersangka militan al-Qaida di kawasan pegunungan Arhab di sebelah utara Sanaa.

Serangan tersebut menewaskan tiga di antaranya dan menangkap tiga lainnya.

Menurut para pejabat militer, serangan itu menargetkan militan yang melarikan diri dari provinsi Shabwa dan Abyan, di mana militer melancarkan serangan besar-besaran awal bulan ini yang menimbulkan banyak korban di pihak militan dan memaksa yang lainnya melarikan diri ke Arhab.

Sabtu malam, pesawat-pesawat tempur Yaman melancarkan tiga serangan udara yang menarget para tersangka militan dalam mobil-mobil di kawasan yang sama, sehingga menewaskan dua tersangka, jelas para pejabat.

Mereka juga menyatakan bahwa sebuah serangan pesawat tak berawak Amerika pada Minggu dini hari menewaskan dua tersangka militan al-Qaida yang bersembunyi di desa Uther di kawasan yang sama, sehingga mendorong para tersangka lain lari ke desa Wasil di dekatnya.

Dengan dukungan logistik Amerika, pasukan khusus Yaman menyerang Wasil dan terlibat pertempuran sengit dengan para militan yang kabur. Pertempuran berlangsung selama satu jam lebih dan menghasilkan penangkapan 12 militan, delapan di antaranya warga Saudi.

Kawasan Arhab adalah benteng pertahanan partai Islamis Islah, kelompok oposisi terbesar Yaman, yang menganjurkan penerapan syariat Islam di negara tersebut.
XS
SM
MD
LG