Tautan-tautan Akses

Militer Suriah Rebut Kota Kristen Strategis


Tentara Suriah berhasil merebut kota Kristen kuno Maalula dari pemberontak anti-pemerintah (foto: dok).

Tentara Suriah berhasil merebut kota Kristen kuno Maalula dari pemberontak anti-pemerintah (foto: dok).

Tentara Suriah yang didukung pejuang Hizbullah hari Senin (14/4) merebut kota Kristen kuno Maalula dari pemberontak anti-pemerintah.

Tentara Suriah yang didukung pejuang Hizbullah hari Senin (14/4) merebut kota Kristen kuno Maalula dari pemberontak anti-pemerintah, yang terbaru dalam serangkaian kesuksesan mereka di kawasan Qalamoun yang strategis.

Pemerintah Suriah merebut kota Maalula tidak lama setelah menguasai lagi al-Sarkha, kota lainnya dekat perbatasan Suriah dengan Lebanon.

Tentara Suriah memusatkan perhatian untuk merebut kota-kota di daerah perbatasan karena terletak dekat jalan utama yang menghubungkan Damaskus dan Homs, rute pasokan utama bagi pemberontak.

Pemberontak menduduki Maalula bulan Desember, tapi sejak saat itu Maalula telah beberapa kali berganti tangan dalam serangan dan serangan balasan.

Hari Minggu Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan perang saudara selama tiga tahun itu kini mulai dimenangkan pihak pemerintah.

Sementara itu kelompok internasional yang memantau pemusnahan senjata kimia Suriah mengatakan 65 persen dari cadangan yang diungkapkan negara itu kini telah dikeluarkan, tetapi prosesnya harus dipercepat.

Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) menetapkan tenggat 30 Juni bagi Suriah untuk membuang semua senjata kimianya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG