Tautan-tautan Akses

Militer Suriah Gempur Homs Sementara Kofi Annan Tiba di Rusia


Foto ini dirilis oleh Komite Umum Revolusi Suriah tanggal 7 Maret 2012, menunjukkan salah satu sudut kota Inshaat, Homs yang hancur (Foto: dok).

Foto ini dirilis oleh Komite Umum Revolusi Suriah tanggal 7 Maret 2012, menunjukkan salah satu sudut kota Inshaat, Homs yang hancur (Foto: dok).

Utusan PBB dan Liga Arab untuk Suriah, Kofi Annan tiba di Rusia guna membahas usaha menengahni pengakhiran krisis di Suriah.

Aktivis mengatakan pasukan Suriah melanjutkan artileri berat terhadap Homs yang sudah hancur pada Sabtu, sementara utusan internasional Kofi Annan tiba di Rusia guna membahas usaha menengahni pengakhiran krisis di Suriah.

Pengamat HAM Suriah, sebuah LSM berbasis di Inggris, mengatakan paling sedikit tiga orang tewas di distrik Khaldiyeh, Homs dan Qusair di dekatnya, menyusul artileri yang dimulai dini hari Sabtu. Homs menyaksikan pertempuran paling berat dalam pembrontakan Suriah yang sudah berlangsung setahun itu.

Bentrokan juga dilaporkan terjadi di provinsi Idlib yang berbatasan dengan Turki, dimana kelompok HAM mengatakan paling sedikit satu orang tewas.

Kekerasan Sabtu terjadi sementara utusan Liga Arab dan PBB, Kofi Annan tiba di Moskow dalam rangka usaha meyakinkan Rusia agar mendukung seruan internasional bagi penyelenggaraan genjatan senjata dan memulai dialog politik di Suriah. Rusia dan Tiongkok berulang kali memblokir tindakan Dewan Keamanan terhadap Suriah sejak penumpasan maut terhadap pemrotes terjadi.

Namun, kedua negara itu telah menyatakan dukungan terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB dalam beberapa hari terakhir, yang mendukung rencana perdamaian 6 butir usulan Kofi Annan. Annan bertemu dengan Presiden Rusia Dmitri Medvedev dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov Minggu, kemudian akan melanjutkan perjalanannya ke Beijing guna bertemu dengan pejabat Tiongkok dan melakukan pembahasan serupa.

XS
SM
MD
LG