Tautan-tautan Akses

Militer Pakistan Hadang Protes Anti-AS dari Wilayah Kesukuan


Politisi Imran Khan (tengah) melambai kepada para pendukungnya saat memimpin protes anti serangan misil AS di Pakistan (7/10).

Politisi Imran Khan (tengah) melambai kepada para pendukungnya saat memimpin protes anti serangan misil AS di Pakistan (7/10).

Kelompok protes anti serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan telah berlipat dua menjadi 500 iring-iringan mobil pada saat mencapai daerah kesukuan Mianwali.

Militer Pakistan telah mencegah konvoi ribuan orang yang bertujuan memprotes serangan pesawat tanpa awak Amerika Serikat yang umum terjadi di daerah kesukuan negara itu agar tidak mencapai Waziristan Selatan.

Pihak berwenang menghentikan kelompok itu tidak jauh dari perbatasan wilayah suku pada hari Minggu. Bintang kriket Pakistan yang menjadi politisi Imran Khan memimpin pawai itu dari Islamabad Sabtu.

Kelompok protes itu telah berlipat dua menjadi 500 mobil pada saat mencapai kampung Khan, Mianwali. Aktivis perdamaian lokal dan Barat ikut dalam perjalanan itu bersama pendukung Partai Gerakan untuk Keadilan yang dipimpin Khan.

Pemerintah Pakistan membatasi perjalanan ke daerah kesukuan, di mana mereka memerangi Taliban dan militan Islam lainnya selama bertahun-tahun. Menjelang pawai, Khan telah menepis kekhawatiran bahwa militan akan menargetkan kelompoknya, tetapi seorang reporter VOA mengatakan Khan naik kendaraan lapis baja dengan pengawal membatasi akses kepadanya.

Serangan pesawat tak berawak merupakan isu perdebatan antara Amerika dan Pakistan. Menurut Pakistan, serangan itu melanggar kedaulatannya. Sedangkan Amerika percaya pesawat-pesawat tak berawak adalah alat kunci dalam upaya mengalahkan militan Islam.
XS
SM
MD
LG